Siswa SMAN 1 Lubulinggau Ciptakan Power Bank Tenaga Surya

Lubuklinggau, Sumselupdate.com – Berbagai inovasi berbasis teknologi terus diterapkan di kalangan siswa SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Teranyar, salah satu siswa di sekolah ini mampu menciptakan mesin charger, kipas angin, senter dan power bank dalam satu komponen mesin bertenaga surya.

Uniknya lagi, pengisian daya pada mesin tersebut dapat menggunakan tenaga surya dan listrik. Alhasil, inovasi yang diciptakan M Arjun Rizqi, siswa kelas 12 ini menjadikannya sebagai terbaik II pada lomba tepat guna 2018 yang diadakan Pemerintah Kota Lubuklinggau, Senin (31/7).

Read More

“Hampir seluruh komponen dari mesin ini kami ciptakan dari bahan-bahan bekas, yang dikombinasikan (rakit-red) sedemikian rupa hingga tercipta lah power bank, kipas angin, charger dan senter berpanel surya serta listrik,” bebernya.

Khusus komponen charger mampu menampung tenaga1800 Mah dengan pola penjemuran di bawah terik matahari sekitar 45-50 menit. Tapi jika melalui charger listrik sekitar 30 menit.

“Rata-rata kalau handphone jenis android memerlukan daya sekitar 2500-2800 Mah, jadi mesin charger tadi bisa mengisi hampir setengah baterai penuh handphone,” jelasnya.

Sementara itu, Zulkarnain, Kepala SMA Negeri 1 Lubuklinggau mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak didiknya. “Alhamdulillah atas prestasi yang sudah dicapai anak kita. Dimana mereka nanti akan mewakili Lubuklinggau bersama 2 peserta lain bertanding ditingkat Provinsi,” ungkapnya.

Menurutnya, capaian serupa juga disabet anak didiknya. Bahkan sempat dikirim untuk tingkat nasional. “Kalau tahun sebelumnya mereka menciptakan sejenis software dalam komputer, dan memang ada semacam Kelompok Ilmiah Rejama (KIR) di sekolah kita untuk mewadahi inovasi anak-anak SMAN 1,” tukasnya.

Senada dikatakan Pj Walikota Lubuklinggau H Riki Junaidi, pemerintah selalu mendorong serta memberikan motivasi kepada seluruh elemen masyarakat untuk membuat hal-hal positif ditengah dilingkungannya masing-masing.

“Inovasi positif seperti itu harus terus dikembangkan, dan pemerintah kota juga terus memberikan support serta dukungan konkret,” pungkasnya. (and)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.