Pemkab Banyuasin dan Pemkot Palembang Berkomitmen Terhadap Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Banyuasin, H Askolani, SH, MH dan Walikota Palembang H Harnojoyo menunjukan berkas kerjasama, Selasa (25/8/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang Jalan Tasik Bukit Kecil Kota Palembang digelar penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, Selasa (25/8/2020).

Kesepakatan bersama ini dimaksudkan sebagai dasar pelaksanaan kerjasama bagi Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin untuk berkerjasama dalam memadukan dukungan kebijakan, pendanaan, teknologi, ketersediaan lahan/lokasi dan tenaga kerja.

Bacaan Lainnya

Kesepakatan ini bertujuan untuk melaksanakan program kegiatan yang dapat didayagunakan untuk merealisasikan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan.

Kerjasama ini meliputi bidang kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, ketentraman dan ketertiban, pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana, perencanaan pembangunan dan penataan ruang, perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah, agraria dan batas wilayah, pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Meliputi juga bidang perhubungan dan transportasi, penanaman modal dan perizinan, pariwisata, kebudayaan, ketenagakerjaan, pertanian dan ketahanan pangan, perternakan dan kesehatan hewan, perikanan, pengelolaan limbah, lingkungan hidup, perumahan dan pemukiman, lingkungan hidup, air bersih, pemakaman umum dan persampahan.

Diketahui secara geografis, Kota Palembang dikelilingi oleh Kabupaten Banyuasin. Oleh sebab itulah, upaya terbaik dilakukan dalam mewujudkan sinergitas dalam pembangunan yang lebih baik kedepan.

Bupati Banyuasin, H Askolani, SH, MH mengingatkan bahwa kerjasama pembangunan antar wilayah yang berbatasan merupakan kewajiban yang harus dilakukan daerah berdasarkan Pemendagri Nomor 22 Tahun 2020.

Oleh sebab itu, dukungan penuh dari semua pihak agar masyarakat memperoleh keamanan dan kenyamanan dalam beraktivitas memenuhi kebutuhan ekonomi.

“Tujuan dari perjanjian kerjasama ini sendiri adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan kehidupan demokrasi, percepatan pelaksanaan pembangunan dan perekonomian, pengelolaan potensi penataan administasi pemerintahan, peningkatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Hal ini sangat selaras dengan program Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera dengan 7 (tujuh) program pembangunan meliputi Infrastruktus Bagus, Banyuasin Cerdas, Banyuasin Religius, Petani Bangkit, Banyuasin Sehat, Banyuasin Prima dan Pemerintahan Terbuka.

Penandatanganan berkas kerjasama, antara Pemkab Banyuasin dan Pemko Palembang.

“Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui berbagai upaya kerjasama terus dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan hidup masyarakat Banyuasin. Ini merupakan impian saya selaku Bupati Banyuasin dan Wakil Bupati Banyuasin, H Slamet Somosentono, SH,” tegasnya.

Kesempatan baik ini disambut hangat oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo. Beliau mengharapkan pembangunan di perbatasan dua wilayah dilakukan bersama-sama sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat yang tinggal di perbatasan.

“Perjanjian kerjasama yang ditandatangani ini akan diharapkan bermanfaat dan memiliki kontribusi besar dalam membangun Kota Palembang sesuai dengan Visi Kota Palembang yaitu mewujudkan Kota Palembang Emas Darussalam Tahun 2023,” tegasnya.

Turut hadir, Ketua DPRD Banyuasin, H Irian Setiawan, SH, MSi, Sekretaris Daerah Banyuasin, Dr HM Senen Har, SIp, MSi, Sekretaris Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, MSi, Kepala OPD Banyuasin dan Kota Palembang terkait. (adv)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.