Kuryana: SKPD Harus Aktif Jemput Bola

Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten OKU di Hotel Bil yang diikuti oleh para SKPD di Kabupaten OKU, Kamis (31/3).

Baturaja,sumselupdate.com – Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) OKU, untuk segera aktif dan kreatif mencari pendanaan untuk menjunjung kinerja di SKPD selain dari dana APBD. Yakni melalui dana pusat atau APBN.

“SKPD jangan hanya menerima atau menunggu dana APBD semata. Tetapi harus proaktif menjemput bola dimana sumber dana tersebut berada, salah satunya dana pusat atau APBN, karena sangat banyak anggaran dipusat itu kalau kita bisa memanfaatkannya,’’ terang orang nomor satu di Kabupaten OKU ini Kamis (31/3), saat menyampaikan kata sambutannya dalam membuka kegiatan Musrenbang RKPD di SKPD Pemkab OKU 2017.

Bacaan Lainnya

Menurut Kuryana, para kepala dinas atau kepala badan, tidak perlu takut atau alergi akan bermasalah dengan upaya penggunaan dana pusat tersebut. Selagi prosedur dan pelaksanaannya sesuai dan tidak diluar aturan maka menurut Kuryana tidak ada yang perlu ditakutkan dengan penggunaan dan pusat.

“Kepala dinas jangan takut, sekarang ini tidak ada lagi istilah ngasih uang muka dahulu, semuanya sudah transparan dan terbuka. Jadi tidak perlu takut. Caranya sebenarnya mudah, suruhlah orang pusat itu yang melaksanakannya kita terima bersih saja, kan aman,” paparnya.

Memang ditegaskan Kuryana, jika prosedur pengambilan dana pusat atau dana APBN yang bisa diambil oleh masing-masing SKPD tersebut memerlukan setoran dimuka, maka dirinya pun secara tegas tidak akan menerimanya. Karena Kuryana menilai hal tersebut nantinya akan timbul permasalahan saja.

“Kalau pakai uang muka itu jangan mau, tiga persen saja kita berikan dari mana kita uangnya. Itu jelas akan bermasalah nantinya,” tegasnya.

Dikatakan Kuryana, sejauh ini seluruh kegiatan yang ada di SKPD semuanya masih hanya mengandalkan dari dan APBD. Padahal, jika masing-masing SKPD mampu berkreatif pemerintah pusat melalui masing-masing kementerian telah menyiapkan dan bantuan bak bersifat DAK atau dan stimulan lainnya. (Yan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.