HMPS Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Mathematics Competition Eksis

Suasana pembukaan Mathematics Competition Eksis 2020 yang digelar HMPS Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (15/2/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Setelah dua tahun berturut turut sukses menyelenggarakan Mathematics Competition Eksis (MCE), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang, kembali menggelar kegiatan yang sama.

Gelaran MCE 2020 ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor (Warek) III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (15/2/2020).

Bacaan Lainnya

Wakil Rektor (Warek) III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyampaikan sambutan sekaligus membuka Mathematics Competition Eksis 2020.

 

Hadir dalam pembukaan MCE itu, Wakil Dekan (Wadek) III FKIP Universitas PGRI Palembang, Dr Muhammad Idris, MPd, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr Nyiayu Fuadiah, SSi, MPd, para dosen, tamu undangan serta guru pembimbing dari SMA, MA, SMK se-Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam sambutannya, Warek III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan MCE ini.

Suasana pembukaan Mathematics Competition Eksis 2020 yang digelar HMPS Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (15/2/2020).

 

Menurut Sukardi, kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan akademik, kreatifitas, wawasan serta menumbuhkan kecintaan terhadap matematika sekaligus promosi, sosialisasi Program Studi Pendidikan Matematika kepada masyarakat umum.

Beliau berharap melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan minat siswa-siswi SMA, MA, dan SMK sederajat se- Sumsel untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata Satu (S1) khususnya di Program Studi Pendidikan Matematika di FKIP Universitas PGRI Paelmbang.

Sedangkan Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Dr Nyiayu Fuadiah, SSi, MPd menjelaskan, dalam MCE ini ada dua kategori perlombaan, yaitu Olimpiade Matematika dan Lomba Cerdas Cermat.

Suasana pembukaan Mathematics Competition Eksis 2020 yang digelar HMPS Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (15/2/2020).

 

Menurutnya, MCE yang mengambil tema ‘Sematkan Prestasi, Matematika Beraksi Wujudkan Generasi Cerdas Menginspirasi’ diikuti siswa/siswi SMA, MA dan SMK se-Sumsel, yakni dari Kabupaten Banyuasin, Muba, Banyuasin, Lahat, dan Kota Palembang.

Nyiayu Fuadiah berharap kegiatan ini kontinyu digelar setiap tahunnya dan ke depan tangkai perlombaan bisa ditambah, misalnya Literasi Matematika.

Dalam MCE 2020 ini, menurut Nyiayu Fuadiah, seluruh juri dari tenaga dosen Universitas PGRI Palembang.

Adapun untuk juri Olimpiade Matematika, yakni Dr Nila Kesumawati, MSi, Yunika Lestari Ningsih, SSi, MT, dan Ety Septiati, SSi, MT.

Berfoto bersama usai pembukaan Mathematics Competition Eksis 2020 yang digelar HMPS Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang di Aula Drs Usman Madjid Universitas PGRI Palembang, Sabtu (15/2/2020).

 

Sedangkan juri Lomba Cerdas Cermat adalah Dr Misdalina, MPd, Eka Fitri Puspa Sari, MPd, dan Dra Lusiana, MPd.

Sedangkan validator dari acara tersebut adalah Dina Octaria, SSi dan Anggria Septiani Mulbasari, MPd.

Di tempat yang sama, beberapa peserta MCE seperti Reynard Matthew Yaputra dari SMA Xaverius 1 Palembang maupun Santana Yuda Pradata berasal dari SMAN 3 Palembang mengaku, sangat senang dan mengapresiasi Universitas PGRI Palembang yang telah menyelenggarakan kegiatan seperti ini.

Menurut mereka, kegiatan MCE seperti ini, selain menambah wawasan, juga bisa meningkatkan kemampuan akademik. (hyd)

Daftar Pemenang:

Juara Lomba Cerdas Cermat

  1. SMA Xaverius 1 Palembang (Tim A)
  2. SMA N 22 Palembang
  3. SMA Xaverius 1 Palembang (Tim c)

Juara Olimpiade Matematika

  1. Reynard Matthew Yaputra ( SMA Xaverius 1 Palembang)
  2. Santana Yuda Pradata (SMAN 3 Palembang)
  3. Fredo Melvern Tanzil ( SMA Xaverius 1 Palembang)
Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.