Reno Sulap Pekarangan Rumah Jadi Ternak Burung Puyuh, Sehari Hasilkan 6 Kilogram Telur

TERNAK PUYUH-Reno, seorang pria di Muaraenim yang memanfaatkan perkarangan rumah menjadi ternak burung puyuh.

Laporan: Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com – Usaha dan kegigihan Reno patut dicontoh. Pria berusia 22 tahun itu menjadikan halaman pekarangan rumahnya menjadi usaha rumahan ternak burung puyuh.

Bacaan Lainnya

Saat dijumpai Sumselupdate.com di rumahnya di Desa Talang Beliung, Kecamatan Belida Darat, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (10/10/2020), Reno mengaku awalnya cuma iseng berternak burung puyuh.

Awalnya hanya 100 burung puyuh yang dipeliharanya. Namun seiring waktu saat ini jumlah burung puyuh yang diperliharanya sudah menjadi 600 ekor.

Hasilnya, sudah dinikmati Reno. Selama satu tahun terakhir sudah banyak anak burung puyuh dibeli orang, dan sekarang 600 ekor yang sudah bertelur, dan 100 ekor masih anakan

Telur burung puyuh dari usaha yang digeluti Reno.

“Awalnya saya cuma iseng ternak burung puyuh ini, cuma 100 ekor. Setelah menghasilkan, aku beli alat penetasan, dan Alhamdulillah berhasil. Sekarang sudah satu tahun saya menggeluti ternak burung puyuh ini, sekarang sudah sekitar 600 ekor,” terang Reno saat dibincangi, siang tadi..

Usaha penetasan telur burung puyuh yang digeluti Reno.

Reno menambahkan dari 600 ekor burung puyuhnya itu, saat ini sudah menghasilkan telur lebih kurang enam kilogram per hari dengan harga Rp35.000/kilogramn.

Selain itu, menurut Reno, cara berternak burung puyuh tidak susah, baik cara merawatnya maupun pakannya.

“Nanti kalau ada modal akan saya tambah lagi tempat ternaknya, karena selain saya jual telurnya saya juga menetaskan pakai mesin tetas. Ternak burung Puyuh ini sangat membantu perekonomian keluarga saya,” ujar Reno bersemangat. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.