Peringati 10 Muharram, Plt Bupati Muaraenim Hadiri Tradisi Melemang dan Panen Raya di Desa Karang Raja

Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah, SH didampingi Ketua TP PKK Muaraenim, Dra Hj Nurhilyah Juarsah bersama masyarakat menggelar syukuran tradisi melemang dan panen raya padi di Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Sabtu (29/8/2020).

Muaraenim, Sumselupdate.com – Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah, SH didampingi Ketua TP PKK Muaraenim, Dra Hj Nurhilyah Juarsah bersama masyarakat menggelar syukuran tradisi melemang dan panen raya padi di Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Sabtu (29/8/2020).

Meski tidak semeriah seperti tahun sebelumnya, akan tetapi tradisi tahunan melemang 10 Muharram di Desa Karang Raja tetap berlangsung khidmat dan penuh rasa syukur.

Bacaan Lainnya

Pantauan media ini kegiatan diawali dengan panen raya padi secara simbolis oleh Plt Bupati didampingi istri beserta Kapolres Muaraenim AKBP Donny Eka Syaputra dan Dandim 0404 Muaraenim Letkol Inf. Erwin Iswari di area persawahan tadah hujan tanaman padi IP 200 seluas 144,5 hektar.

Pl. Bupati Muaraenim H Juarsah dalam acara ini menyampaikan harapannya dengan adanya pandemi Covid 19 ini tidak mengubah dan menguranhi khidmad acara tahunan ini yaitu melemang mengingat acara ini merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT.

Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah, SH didampingi Ketua TP PKK Muaraenim, Dra Hj Nurhilyah Juarsah bersama masyarakat menggelar syukuran tradisi melemang dan panen raya padi di Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Sabtu (29/8/2020).

 

“Kami berharap keadaan ini tidak mengurangi makna dan nilai dari tradisi melemang ini Karena tradisi melemang ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah S.W.T., dan media silaturahim antarwarga yang telah menjadi kearifan lokal dari nenek moyang kita. Oleh sebab itu diharapkan tradisi baik ini tetap lestari dan dipertahankan,” ungkapnya.

Kemudian Juarsah mengatakan terkhusus di bidang pertanian, beberapa hari lalu Menteri Pertanian Republik Indonesia juga telah menetapkan Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu kawasan ‘food estate’.

“Beberapa hari lalu Sumsel dalam hal ini juga kabupaten Muara Enim ditetapkan Kementan TI sebagai salah satu kawasan ‘Food Estate” baru di Indonesia, yaitu daerah penyokong kebutuhan pangan nasional,” pungkasnya.

Diakhir acara ini Plt Bupati Muaraenim menyerahkan santunan kepada para anak yatim di Desa Karang Raja.

Tak hanya itu, Pl. Bupati beserta rombongan juga berkesempatan dibawa Kepala Desa Karang Raja, Okta Vianty, Am Keb untuk melihat rumah tua bertiang satu peninggalan Puyang Puteri Dayang Rindu yang tak jauh dari lokasi persawahan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan mencicipi lemang secara simbolis yang pada tahun ini hanya dibuat oleh para perangkat desa untuk mewakili masyarakat. (dan)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.