Di Tengah Pandemi Covid-19, Begini KKN Sekolah Tinggi Serasan Muaraenim

Mahasiswa Perguruan Serasan (YPS) Muaraenim akan mulai menjalani KKN.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Plh Bupati Muaraenim H Nasrun Umar membuka secara resmi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-XX Yayasan Perguruan Serasan (YPS) Muaraenim, Kamis (18/2/2021).

Bacaan Lainnya

Ketua YPS Prof Tutty Emilia Agustina mengatakan, kegiatan KKN tahun ini berbda dengan pelaksanaan KKN di tahun-tahun sebelumnya.

“Berbeda dengan KKN sebelumnya, biasanya mahasiswa dan dosen berkonsentrasi di desa untuk melakukan pengabdian, namun kali ini KKN perdana yang dilakukan secara daring dengan konsep KKN-FH (from home) dan KKN-SV (social volunteer),” kata Tutty.

Lebih lanjut, Tutty memaparkan, jika KKN kali ini diikuti 141 peserta dan 13 Dosen Pembimbing Lapangan dari tiga sekolah tinggi yang berada  dalam naungan YPS.

“Para peserta disebar di domisili masing-masing ke 38 desa/kelurahan dalam 9 kecamatan,” tukasnya.

Foto bersama.

Dirinya berharap mahasiswa yang melakukan KKN dapat berkontribusi dan mengembangkan potensi di daerah masing-masing, terutama dalam penanganan Covid-19.

“Kita juga berharap KKN ini berjalan aman dan lancar, sehingga Mahasiswa dan Dosen dapat sehat dan kembali ke kampus untuk melanjutkan kegiatan akademik,” pungkasnya.

Sementara itu, Plh Bupati Muaraenim H Nasrun Umar mengaku bangga dengan keberadaan Yayasan Perguruan Serasan. Menurutnya, meski dengan keterbatasan, namun masih bisa memproduksi SDM yang sebagian besar telah membangun Kabupaten Muaraenim.

Dirinya mengungkapkan, investasi dengan nilai tertinggi ialah investasi di dunia pendidikan.

“Terus kembangkan (kampus) ini, InsyaAllah selagi saya masih berkarya dan bekerja di Muaraenim, saya akan selalu berada di belakang Yayasan Serasan,” tegasnya.

Nasrun berharap, kegiatan KKN ini dijadikan sebagai pengabdian dan pembelajaran. Namun ia berpesan, agar apapun kegiatan yang dilakukan dapat mematuhi Protokes Covid-19.

Dirinya menambahkan, Covid-19 memang ada, tapi tidak perlu ditakuti namun harus diwaspadai dengan disiplin 3M.

“KKN dengan cara kerja sosial sesuai aturan pemerintah, dengan demikian harapan kita KKN dapat berjalan dengan lancar. Namun, walau dilakukan dengan Protkes, jangan kurangi kualitas pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

“Pesan saya agat mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Selamat menjalankan KKN, baktikan ilmu sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan pembukaan dan pelepasan KKN angkatan XX tersebut diantaranya Plh Bupati Muaraenim H Nasrun Umar, Plt Sekda Muaraenim H Emran Tabrani, Kabankesbangpol Andi Wijaya, Ketua Yayasan Prof Tutty Emilia Agustina, Dewan Pembina YPS, ketua2 sekolah, dosen pembimbing lapangan dan perwakilan peserta KKN angkatan XX. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.