Turun Atasi Genangan Air di Lais, Dodi Reza Alex Target Tuntas Dalam Satu Bulan

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin turun dan langsung menindaklanjuti Jalan Lintas Betung-Sekayu Simpang Kerang, Desa Lais, Kecamatan Lais yang selalu digenangi air.

Sekayu, Sumselupdate.com – Puluhan tahun terus terjadi genangan air di Jalan Lintas Betung-Sekayu Simpang Kerang, Desa Lais, Kecamatan Lais, akibat curah hujan tinggi, membuat Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin geram.

Terlebih persoalan genangan air ini akibat box Culvert (gorong-gorong) milik Balai Besar Pelaksanaan Jalan Negara (BBPJN) Kementerian PUPR yang minim perhatian.

Bacaan Lainnya

“Jadi hari ini saya turun langsung mengecek persoalan genangan air ini. Saya minta diatasi segera. Makanya hari ini kita turun bersama dengan pihak BBPJN, karena ini wewenang mereka, Alhamdulillah besok akan mulai diperbaiki,” ungkap Dodi di sela Peninjauan Jalan Lintas Betung-Sekayu Simpang Kerang, Desa Lais, Kecamatan Lais, Rabu (20/1/2021) petang.

Persoalan ini, sudah sejak lama menjadi perhatian serius Pemkab Muba. Namun, karena hal tersebut merupakan wewenang Pemerintah pusat dalam hal ini BBPJN Kementerian PUPR, jadi Pemkab Muba harus menunggu hasil koordinasi.

“Kalau musim hujan, genangan air di sini bisa mencapai ketinggian pundak orang dewasa, saya sangat prihatin. Alhamdulillah, besok (Kamis 21 Januari 2021) perbaikan box Culvert akan dimulai melalui program padat karya yang melibatkan warga langsung,” ujar Kepala Daerah Inovatif 2020 ini.

Lanjutnya, meskipun perbaikan box Culvert merupakan tanggung jawab BBPJN, namun Pemkab Muba akan mengambil tindakan berupa normalisasi sungai serta perbaikan drainase. “Target kita genangan air ini bisa tuntas,” tegasnya.

Sementara itu, PPK 1.3 Satker PJN Wilayah I BBPJN Kementerian PUPR,  Endi Abdel Rozza mengatakan saat ini material untuk perbaikan box Culvert sudah datang dan mulai Kamis besok pengerjaan akan dimulai.

“Ini program padat karya, jadi melibatkan masyarakat langsung secara sukarela,” ucapnya.

Endi menegaskan, pihaknya menargetkan dalam kurun waktu satu bulan pengerjaan akan selesai.

“Satu bulan bisa kita selesaikan, kami ucapkan Terima kasih kepada pak Bupati yang sangat maksimal untuk menuntaskan persoalan ini,” imbuhnya.

Kepala Dinas PUPR Muba, Herman Mayori, menjelaskan Pemkab Muba melalui Dinas PU PR Muba akan melakukan normalisasi sungai dan perbaikan drainase yang menjadi kewenangan kabupaten di wilayah tersebut.

“Sedangkan perbaikan box culvert merupakan wewenang BBPJN Kementerian PUPR, prinsipnya sesuai keinginan pak Bupati yang paling penting persoalan ini harus tuntas,” pungkasnya. (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.