Tim Elang Polsek Talang Ubi Gagalkan Aksi Pencurian Pipa Pertamina

Tersangka Riski saat diamankan oleh Tim Elang Polsek Talang Ubi Kabupaten PALI.

PALI, Sumselupdate.com – Jajaran Unit Reskrim Polsek Talang Ubi berhasil menggagalkan aksi pencurian pipa minyak milik Pertamina.

Adalah Riski (28) warga Talang Mandung, Kabupaten Muba yang berhasil diringkus petugas Polsek Talang Ubi.

Read More

Dalam penyergapan itu, satu unit mobil miliknya turut disita aparat Polsek Talang Ubi sebagai barang bukti bersama beberapa batang pipa minyak.

Kapolres PALI, AKBP Efrannedy, SIK melalui Kapolsek Talang Ubi disampaikan Kanit Reskrim Ipda Fachrie Persada Putra mengatakan, lokasi pencurian berada di Claster Sp 04 Line Idle BKB 27 PT Pertamina E.p Field Pendopo di Dusun Talang Padang, Dusun IV, Desa Benakat Minyak, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Penangkapan tersangka berdasarkan laporan pihak Pertamina dengan bukti LP/B/82/VIII/2022/SPKT/Polsek Talang Ubi/Polres PALI/Polda Sumsel tertanggal 13 Agustus 2022,” kata Kanit Reskrim Polsek Talang Ubi Ipda Fachrie Persada Putra, Minggu (14/8/2022).

Dikatakan Fachrie, tersangka melanggar pasal 363 Ayat (1) Ke-4 Dan ke-5 KUHP dengan ancaman kurungan penjara 7 tahun penjara.

“Kita jerat pasal 363 KUHP. Di mana waktu kejadiannya hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022 sekitar pukul 14.00 WIB, dan tersangka ditangkap pada Sabtu pukul 08.00 WIB,” tukasnya.

Dalam melakukan aksinya, tersangka ini dibantu dua orang kawannya yang saat ini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Dua teman tersangka kita tetapkan sebagai DPO. Untuk identitasnya sudah kita kantongi dan saat ini dilakukan pengejaran,” tandasnya.

Pada penangkapan itu, selain tersangka diamankan juga satu unit mobil merk Daihatsu jenis Ayla dengan nomor polisi BN-1951-QD warna silver metalik.

Kemudian 51 potong pipa besi milik PT Pertamina, satu buah kayu bulat sebesar lengan orang dewasa dengan panjang sekitar dua meter, satu buah gergaji besi, dan lima buah mata gergaji besi.

“Tersangka dan barang bukti kita amankan dan dilakukan penahanan di Mapolsek Talang Ubi guna dilakukan pemeriksaan,” kata Kanit Reskrim.

Dijabarkan Fachrie kronologi kejadian berawal dari pelaku Riski dua orang temannya (DPO) melakukan pencurian pipa besi milik PT Pertamina.

Kemudian para pelaku menyiapkan alat (barang bukti), setelah itu pelaku melakukan pencurian dengan cara memotong pipa besi Milik PT Pertamina secara bergantian.

Saat melakukan pencurian tersebut pelaku mengumpulkan pipa di dalam semak-semak yang diangkut secara bergantian oleh ketiga pelaku ke dalam mobil yang telah disiapkan.

Atas kejadian tersebut PT Pertamina mengalami kerugian Rp30 juta  kemudian melapor ke Polsek Talang Ubi untuk ditindak lanjuti.

“Setelah menerima laporan, kita langsung olah TKP dan mengumpulkan keterangan para saksi lalu kita lakukan upaya penangkapan,” tegasnya.

Saat ditangkap, diakui Kanit Reskrim Polsek Talang Ubi pelaku tertangkap tangan saat membawa pipa besi milik PT Pertamina di Desa Sungai Baung, Kecamatan Talang Ubi.

Penangkapan sendiri di pimpin langsung Kanit Reskrim beserta anggotanya.

“Setelah berhasil ditangkap, pelaku dan barang bukti langsung dibawa ke Polsek Talang Ubi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku,” tuturnya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.