Terdeteksi di Boston, Ternyata Ini Alasan Dosen UII yang Sempat Dikabarkan Hilang Pergi ke AS

Sabtu, 25 Februari 2023
Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama dinyatakan hilang di Norwegia sejak 12 Februari 2023. (IG @/poldajogja)

Sleman, Sumselupdate.com – Pelacakan terhadap dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), yang sempat dikabarkan hilang, akhirnya membuahkan hasil.

Pihak UII menyebutkan saat ini telah bisa berkomunikasi dengan Ahmad.

Ahmad sebelumnya dikabarkan hilang setelah dari Oslo, Norwegia. Kemudian, belakangan jejaknya terdeteksi masuk ke Boston, AS.

“UII bersyukur karena upaya pelacakan keberadaan AMRP yang hilang kontak telah membuahkan hasil. AMRP telah membalas korespondensi email yang dikirimkan UII,” kata Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangan tertulis, seperti dilansir detikJateng, Jumat (24/2/2023).

Advertisements

Fathul mengatakan salah satu alasan Ahmad mengubah rute penerbangan ke AS adalah terkait kondisi kesehatan. Hal itu diketahui dari pesan yang dikirim Ahmad untuk UII.

“UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan AMRP yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat dan disampaikan melalui penjelasan AMRP di dalam balasan email,” jelasnya.

Fathul juga turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu penelusuran dan pengungkapan kasus ini.

Sebelumnya, Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti menekankan Ahmad Munasir tidak hilang.

Menurut Krishna, Ahmad Munasir Rafie Pratama, yang sempat disebut hilang saat perjalanan pulang dari Oslo, Norwegia, ke Indonesia, kini terdeteksi di Amerika Serikat.

Terungkap bahwa Ahmad Munasir sudah merencanakan ke AS sejak di Jakarta.

Polri menyebut Ahmad Munasir memang sengaja mengubah rute penerbangan tanpa memberi tahu siapa pun.

“Yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa beri tahu siapa pun,” kata kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Krishna menyebut pihaknya sudah mengetahui keberadaan Ahmad Munasir. Namun, dia belum bisa membeberkan penyebab Ahmad Munasir mengubah rute.

“Sudah terdeteksi (lokasinya),” katanya. (dtc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.