Terapkan Protokol Kesehatan, Universitas PGRI Palembang Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban yang juga Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd menerima secara simbolis hewan kurban yang akan disembelih di pelataran Kampus Universitas PGRI Palembang. Sabtu (1/8/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Perayaan hari raya Idul Adha 1141 Hijriah/2020 Masehi di tengah pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat untuk saling berbagi di kalangan civitas akademika Universitas PGRI Palembang.

Kampus yang telah mendunia dan dikenal dengan Cyber University ini melaksanakan penyembelihan empat ekor sapi kurban.

Bacaan Lainnya

Pemotongan hewan kurban ini dilakukan tetap dalam protokol kesehatan di pelataran Kampus Universitas PGRI Palembang. Sabtu (1/8/2020).

Hadir dalam acara pemotongan hewan kurban itu adalah Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, wakil rektor beserta jajaran serta tamu undangan lainnya.

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM.

 

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto, SPd, MM mengungkapkan melalui penyembelihan hewan kurban hendaklah terus meningkatkan keikhlasan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sehingga apa yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail dapat tertanam dan menjadi suri tauladan dalam melaksanakan semua kegiatan dan semangat dalam bekerja.

“Ibadah kurban ini sebagai bentuk kedekatan kita kepada Allah SWT dan sebagai panggilan hati untuk berkurban dan memberikan sesuatu untuk membantu sesama. Dengan berkurban, jiwa kita akan tenang dan dilimpahkan rezeki,” ungkap Zulinto.

Di tempat yang sama, Ketua Umum YPLP PT PGRI Sumsel, Hj Melia Rosani, SH, MH menjelaskan, dalam melakukan pemotongan hewan kurban pihaknya tetap melakukan dan mentaati protokol kesehatan mulai dari memakai masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel, Hj Meilia Rosani, SH, MH.

 

Melia Rosani menjelaskan pemotongan kurban dilakukan dengan harapan dapat menumbuhkan solidaritas dan mengikat rasa persaudaraan antar-karyawan, dosen, dan pejabat di lingkungan Universitas PGRI Palembang dan masyarakat sekitar.

“Kita targetkan tahun depan jumlah hewan kurban dapat meningkat sehingga pembagiannya akan menjangkau lebih luas kepada masyarakat di sekitar kampus,” harapnya.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi di sela-sela kegiatan mengatakan, pemotongan hewan kurban merupakan rutinitas yang dilakukan setiap hari raya Idul Adha dari arisan karyawan yang ada di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

“Alhamdulilah tahun ini ada empat ekor sapi kurban” ungkap Rektor.

Berkurban menurut Rektor, merupakan ibadah yang menggambarkan spirit dalam hidup dalam melakukan kebaikan.

Dalam beragama serta kehidupan berbangsa dan bernegara juga memerlukan pengorbanan lahir dan batin sebagai wujud dari ketulusan, pengabdian, dan ibadah yang ditujukan semata karena Allah SWT.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

 

Bukman berharap tahun depan hewan kurban meningkat seiring dengan membaiknya perekonomian.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban Drs Sukardi, MPd menjelaskan, ibadah kurban tidak hanya dimaknai sebatas penyembelihan hewan dan membagi-bagikannya kepada saudara-saudara yang berhak.

Akan tetapi lebih dari itu, menurut dia, pada hakikatnya ada makna filosofis yang perlu digali di balik peristiwa besar itu.

“Ibadah kurban mengajarkan kita nilai-nilai sosial kemanusiaan juga mengajarkan kita pentingnya arti berbagi terhadap sesama. Sebanyak 449 kupon daging hewan kurban dibagikan kepada pengelola serta masyarakat yang berhak menerimanya,” kata Sukardi yang kesehariannya Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang ini. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.