Raih Penghargaan dari Mendagri, Juarsah: Kado untuk Seluruh Masyarakat Muaraenim

Pemberian penghargaan secara virtual.

Muaraenim, Sumselupdate.com – Plt Bupati Muaraenim, H Juarsah, SH, melalui program kerja Bunga Desa ‘Bupati Ngantor di Desa’ berhasil meraih Juara 3 sebagai Kepala Daerah Paling Inovatif se-Sumatera Selatan. Penghargaan ini diserahkan secara virtual oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, yang disaksikan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.

Dalam sambutannya Juarsah menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan.

Bacaan Lainnya

“Penghargaan kita maknai sebagai kado bagi seluruh masyarakat Kabupaten Muaraenim di hari jadinya yang ke-74 tahun. Maka itu kita patut bersyukur atas prestasi ini,” ungkap Juarsah, Kamis (19/11/2020) dalam siaran persnya melalui Humas Protokol dan Pimpinan.

Lanjut Juaras, setelah pada awal Juli lalu memaparkan Program Bunga Desa kepada para dewan penilai Pemilihan Kepala Daerah Inovatif 2020 se-Sumatera Selatan yang terdiri dari Peneliti Balitbang Kemendagri, Adi Suhendro; Kepala Balitbang Sumsel, Dr Ekowati Retnaningsih, SKM, MKes; Guru Besar Fakultas Ekonomi Unsri, Prof Didik Susetyo, SE; dan Rektor Universitas Taman Siswa, Dr Azwar Agus, SH, MHum, akhirnya petang tadi Plt. Bupati Muaraenim berhasil meraih Piala Mendagri sebagai peringkat ketiga kepala daerah paling inovatif dari 17 bupati/walikota se-Sumatera Selatan.

“Kita menjadi juara ketiga dari 17 kabupaten kota yang ada di Sumsel sebagai kepala daerah paling inovatif,” jelasnya.

Di hadapan Mendagri dan Gubernur Sumsel beserta para kepala daerah yang hadir, Juarsah juga menjelaskan program Bunga Desa ini merupakan media pertemuan antara kepala daerah, perangkat pemerintahan dan masyarakat.

“Program ini merupakan sebagai media pettemuan anatara Bupati dan OPD terkait yang tak hanya bertatap muka, melainkan juga saling bertukar pendapat mengenai pembangunan daerah sehingga masyarakat dapat langsung menyampaikan semua permasalahan di daerahnya, baik pembenahan infrastruktur, ekonomi kerakyatan maupun bertukar ide-gagasan mengenai pengembangan potensi wisata lokal. Dirinya berharap program ini mampu mewujudkan akselerasi pemerataan pembangunan di Kabupaten Muaraenim,”urainya.

Sementara itu Mendagri mengapresiasi kreativitas ide inovasi para kepala daerah dalam membangun daerahnya masing-masing.

“Kamipun menjanjikan akan mengupayakan pemberian dana insentif daerah (DID) dan memberikan anjungan Disdukcapil Mandiri bagi kabupaten/kota yang kepala daerahnya berhasil meraih juara, termasuk Kabupaten Muaraenim. Adapun juara pertama diraih Walikota Palembang dan juara kedua oleh Bupati Musi Rawas,” pungkasnya. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.