Peringati Hari Jadi OKU Timur ke 16, Pemkab Gelar Nikah Masal

Suasana kegiatan nikah massal.

Martapura, Sumselupdate.com – Dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten OKU Timur ke 16 tahun, Pemkab OKU Timur menggelar beberapa rangkaian kegiatan untuk memeriahkan perhelatan HUT OKUT yang jatuh pada 17 Januari 2020 nanti, salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Pemkab OKU Timur ialah nikah masal yang digelar di balai rakyat Pemkab OKUT, Rabu (15/01/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama OKUT Rosyid dalam sambutannya mengatakan, peserta pernikahan masal hari ini diikuti oleh pasangan yang sudah menikah namun belum memiliki buku nikah, sebab tercatat ada sebanyak 1865 pasangan pasutri yang belum memliki buku nikah, namun peserta nikah masal yang mendaftarkan diri hari ini hanya 50 pasang suami istri saja.

Read More

Ia juga menambahkan, 50 pasang peserta suami istri yang mengikuti nikah masal ini tersebar dari empat kecamatan di kabupaten sebiduk sehaluan ini, yakni kecamatan Martapura sebanyak 10 pasang, Jayapura 31 pasang, BP Peliung 5 pasang dan Bunga Mayang 4 pasang.

“Peserta nikah masal hari ini bukan pasangan yang belum menikah, akan tetapi pasangan suami istri yang sudah menikah namun belum sah dimata hukum karena belum memiliki buku nikah,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Timur Jumadi SE dalam sambutannya menyampaikan, tujuan nikah masal yang digelar hari ini ialah supaya pasang yang belum memiliki buku nikah agar segera memiliki buku nikah, supaya sah dimata agama dan hukum.

“Salah satu faktor pasutri yang belum memiliki buku nikah karena warga tersebut ialah bukan warga asal OKU Timur melainkan warga pindahan atau imigran dari luar kabupaten OKU Timur, untuk itu harus ada buku nikah, sebab salah satu syarat administrasi kependudukan ialah harus adanya buka nikah,” imbuhnya. (mat)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.