Kolektor Tanaman Hias dari Jawa dan Luar Negeri Buru Bonsai Anting Putri Khas Sumatera

Salah satu koleksi tanaman hias bonsai milik Suyanto.

Laporan Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Di tengah masa pandemi Covid-19 yang masih terus menimpa masyarakat di seluruh dunia. Siapa sangka moment ini menjadi peluang bagi kolekter atau penghobi tanaman hias bonsai, salah satunya Suyanto (40).

Warga Palembang yang tinggal di kawasan Sekojo Kecamatan Ilir Timur, Palembang ini ternyata dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membudidayakan tanaman hias bonsai khas Sumatera yang saat ini menjadi buruan para kolektor asal Jawa dan luar negeri.

“Wah kalau saat ini banyak kolektor bonsai dari Jawa yang memburu bonsai khas Sumatera. Bahkan mereka berani membayar puluhan juta rupiah untuk jenis bonsai ‘Anting Putri,” kata Suyanto saat ditemui di kediamannya, Minggu (10/1/2020).

Salah satu koleksi tanaman hias bonsai milik Suyanto.

Dikatakan Suyanto, dia sudah 20 tahun hobi sekaligus memelihara dan merawat tanaman bonsai.

Pada saat itu, menurutnya, dia masih duduk di bangku SMP dan tinggal di Jawa. Namun siapa sangka ternyata dari hobinya itu, Suyanto bisa membantu usahanya yang lain untuk mendapatkan sertifikat dari Menteri Perhubungan.

“Selain saya hobi bonsai saya ini juga kerja di dunia agen perkapalan. Kala itu saya tidak punya uang untuk mendapatkan sertifikat dari Menteri Perhubungan. Karena butuh modal untuk itu. Alhamdulilah dapet rezeki ada orang yang beli bonsai saya sekitar Rp30 juta-an dan itulah yang membantu saya,” ungkapnya.

Salah satu koleksi tanaman hias bonsai milik Suyanto.

Koleksi bonsai milik Suyatno sendiri beraneka ragam mulai dari Anting Putri, kingkit, hustam, asem, santigi.

Tidak hanya sampai di situ, hobinya ini ternyata diturunkan kepada kedua anaknya. Salah satunya bernama Dimas Adi yang sejak pertengahan pandemi Covid-19 sudah ikut-ikutan melestarikan budidaya Anting Putri.

“Sejak dari pertengahan 2020 pas pandemi. Saya sering diajak ayah untuk merawat bonsai ini. Seperti mengganti media tanahnya, menggunting daun, dan yang lain,” kata Dimas Adi.

Salah satu koleksi tanaman hias bonsai milik Suyanto.

Dari puluhan berbagai jenis bonsai yang dimiliki ayahnya,  Bonsai jenis Anting Putri dan Asem Jawa menjadi kesukaan Dimas Adi.

Kedepan rencananya Dimas Adi akan terus menjadi penerus hobi ayahnya tersebut yakni membudidaya atau hobi memelihara dan merawat Bonsai. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.