Berhasil Evakuasi 16 Potongan Besar Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Tim Gabungan Sudah Temukan Lokasi Blackbox

Foto: Evakuasi Sriwijaya Air SJ182 di JICT 2 Jakarta (Azhar Bagas/detikcom).

Jakarta, Sumselupdate.com – Tim gabungan berhasil mengumpulkan puluhan kantong di lokasi pencarian, Kepulauan Seribu.

Puluhan kantong itu berisi serpihan pesawat Sriwijaya Ar SJ-182 hingga potongan tubuh manusia.

Bacaan Lainnya

“Dari kegiatan hari ini hingga pukul 19.20 WIB tadi, Kita sudah mendapatkan 10 kantong berisi serpihan atau potongan dari badan pesawat, 16 bagian atau potongan besar, 10 kantong jenazah yang berisi bagian dari korban dan 5 potong pakaian,” kata Kabasarnas, Marsdya Bagus Puruhito, di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta seperti dilansir detikcom, Minggu (10/1/2021).

Dalam pencarian hari ini, Bagus menyebut tim gabungan sudah menemukan lokasi blackbox Sriwijaya Air SJ-182. Pencarian blackbox itu ditemukan oleh alat sensor dari KRI Rigel.

“Dan dalam pelaksanaan operasi SAR hari ini juga dari KRI Rigel telah berhasil mendeteksi adanya 2 pingker yang kita yakini adalah 2 black box. Kenapa kita meyakini, karena hanya ada 2 transmit emergency yang kita tangkap dan sampai saat ini kita laksanakan pencarian, dilaksanakan dengan penyelaman dan tadi kita tambahkan alat direction finder yang dibawa penyelam masuk supaya lebih akurat,” ujar Bagus.

Selanjutnya, untuk pencarian besok, Bagus mengatakan tim gabungan akan menggunakan metode yang sama dengan hari ini. Hanya saja, besok akan ada pelebaran area pencarian.

“Tentunya dalam operasi hari ini bisa kita laksanakan berkat koordinasi kerja sama dan dukungan yang luar biasa dari TNI, Polri, SAR, KPLP, dan stake holder yang ada,” ujarnya.

“Adapun rencana kita besok kita masih melaksanakan operasi di daerah yang sama dengan metode permukaan laut dan di bawah permukaan dengan sedikit melebarkan area dan menambahkan pesisir karena arus laut menuju arah pesisir,” lanjut Bagus. (dtc)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.