Adopsi Konsep Ancol, Harnojoyo Segera Wujudkan Pulau Kemaro Menjadi Pusat Wisata Air

Suasana kegiatan gotong royong yang dilakukan semua pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palembang di Pulau Kemaro, Minggu (10/1/2021).

Palembang, Sumselupdate.com – Walikota Palembang H Harnojoyo terus memperkaya pundi–pundi kunjungan destinasi wisata di Kota Palembang.

Guna mewujudkan Pulau Kemaro menjadi pusat wisata air, Minggu (10/1/2021) orang nomor satu di kota tertua di Indonesia ini mengerahkan semua pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bergotong royong membersihkan enceng gondok dan sampah di pulau legenda tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kita akan fokus terlebih dahulu bersih-bersih di kawasan tersebut, karena kondisinya harus kita tata kembali mengingat sudah lama tidak dimonitor,” kata Harnojoyo.

Gerakan gorong royong yang pertama di mulai tahun 2021 ini, juga melibatkan semua komponen Cooperate Sosial Responbilty (CSR) yang ada di Palembang, terutama pembersihan Bungalo di Pulau Kamaro.

“Ke depan Pemkot bersama Social Responsibility (CSR) akan secepatnya melakukan penantaan wisata air yang ada di sini,” ungkapnya.

Pusat wisata Ancol yang ada di Jakarta, menjadi rujukan Harnojoyo untuk pengembangan wisata di Pulau Kemaro menjadi pusat wisata air nantinya.

“Ya konsepnya kita adopsi seperti Ancol kurang lebih seperti itu. Maka dari itu setiap minggunya kegiatan ini akan kita lakukan, saya sendiri yang akan terjun langsung,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa Pemkot Palembang sudah membentuk tim percepatan pembangunan Pulau Kemaro ini, seperti diketahui lahan yang ada di kawasan tesebut sekitar 25 hektar kondisinya belum maksimal.

Tim yang akan langsung dimonotoring Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa, kata Harnojoyo akan secara rutin akan memonitor.

Nah untuk target pengembangannya nanti akan melibatkan semua CSR.

“Kemudian kita akan usulkan APBD Provinsi dan APBN untuk mensuport pembangunan tersebut. Untuk APBN sendiri kita rencanakan untuk membangun jembatan, selain akses dengan menggunakan jalur air kita bisa usulkan menggunakan jalur darat melalui jembatan tersebut yang akan kita usulkan melalui dana APBN,” tegasnya. (ron)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.