Kabar Gembira, Upah Harian Lepas Guru Honorer di Muaraenim Naik!

Ilustrasi guru honorer

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Sebanyak dua ribu lebih guru dan pegawai honorer di Kabupaten Muaraenim yang berstatus pekerja harian lepas (PHL) di lingkup Pemkab Muaraenim kembali akan menerima upah melalui dana APBD Pemkab Muaraenim tahun 2021 ini.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Muara Enim melalui Kabid Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) Marsip Agustaf membenarkan dua ribu lebih guru dan pegawai di sekolahan yang ada di Kabupaten Muaraenim akan kembali menerima upah harian lepas.

“Di tahun ini koutanya tetap sama seperti tahun kemarin lebih kurang 2.988 guru dan pegawai baik sekolah negeri maupun swasta akan menerima upah harian lepas dan terkait kriteria penerimanya masih sama seperti tahun kemarin kalau guru minimal 12 jam pelajaran yang diajarkan dan mata pelajarannya linier, kemudian minimal sudah honor selama dua tahun. Untuk kuota yang menerima tergantung jumlah siswanya,” jelasnya, Kamis (14/1/2021).

Mengenai apakah nilai upah harian lepas tersebut naik atau tidak, Marsip menerangkan bahwa upah tersebut kemungkinan besar naik dari tahun sebelumnya.

“Kita sudah usulkan untuk dinaikan sekarang sedang dalam evaluasi gubernur. Tapi bisa kita pastikan naik, namun terkait besarannya ada di bagian perencanaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubag Perencanaan Diknas Muaraenim Yoan menambahkan pihaknya telah menerima hasil evaluasi dari gubernur dan hasilnya kenaikan upah PHL tersebut disetujui.

“Alhamdulillah kita sudah menerima hasil evaluasinya dan bisa kita pastikan upah PHL untuk guru dan pegawai honorer di lingkup Dinas Pendidikan kabupeten Muara Enim naik. Terkait angkanya kalau secara global lumayan besar. Namun personalnya masih melihat jumlah kouta yang ada di GTK,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.