Jabatan Petugas PPK, PPS, dan KPPS Dibatasi Hanya Dua Periode

Kantor KPU Kabupaten Musi Banyuasin

Sekayu, Sumselupdate.com –Komisi Pemiliham umum (KPU) RI mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Pilkada yang memperketat syarat penyelenggara yang statusnya ad hoc.

Di mana setiap penyelenggara pemilu atau pilkada di tingkat ad hoc dibatasi  dua kali periode dan tidak bisa dipilih kembali.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Muba H Firdaus Marvels, SE, Msi, didampingi Drs Said Kairil Asmi Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu kepada Sumselupdate.com, Rabu (25/5), mengatakan, penyelenggara pilkada ad hoc itu adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Peraturan mensyaratkan untuk tidak memilih kembali penyelenggara yang pernah menjabat dua periode. Tujuannya agar terjadi regenerasi penyelenggara di tingkat bawah,” kata Firdaus.

Menurut dia, pembatasan dua periode itu, di mana penyelenggara yang pernah terlibat sebagai penyelenggara pemilu dalam kurun waktu pemilu 2004-2009 dan 2009-2014 tidak dapat dipilih kembali sebagai penyelenggara.

Firdaus  menambahkan, sosialisasi aturan dilakukan lebih awal agar semua bisa bersiap diri menyongsong Pilkada Musi Banyuasin yang akan dilaksanakan tahun 2017.

“Baik itu mempersiapkan personel penyelenggara maupun edukasi tentang pentingnya politik kepada masyarakat, dan besok merupakan sosialisasi terakhir di Kecamatan Lalan,” tutupnya. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.