Cuaca Tidak Menentu, Waspadai Penyakit ISPA

Ilustrasi

Laporan: Mutakim Alparizi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Cuaca ekstrem tidak menentu belakangan ini bisa berakibat buruk dengan kesehatan dan membuat warga mudah terserang penyakit bila tidak menjaga kesehatan. Faktor cuaca yang kadang berubah cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Cuaca bulan ini sangat tidak menentu kadang hujan, kadang panas itu membuat aktifitas terganggu sehingga membuat anak anak mudah terserang penyakit,” kata Vivin (34) warga Tebing Tinggi.

Hal ini juga sama disampaikan, Pei (28) warga Kelurahan Pasar Tebing Tinggi. Memang cuaca akhir ini tidak menentu, hujan yang diiringi angin kencang membuat warga takut sehingga sebagian warga lebih baik tinggal di rumah, kondisi ini mungkin disebabkan oleh faktor alam pada bulan ini masuk musim pancaroba (perubahan iklim-red). Kondisi ini harus juga ada perhatian dari dinas terkait baik dinas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Empat Lawang, Hj Hepy Safriani melalui Sekretaris Deri mengatakan untuk musim ini memang dikatakan musim pancaroba keadaan cuaca yang tidak menentu, sehingga bagi masyarakat Tebing Tinggi selalu waspada terhadap cuaca ekstrem ini karena takutnya menimbulkan dampak penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan malaria.

Dilanjutkannya, dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem ini berbeda pada tiap kecamatan ini dilihat dari hasil survei yang dilakukan di lapangan seperti di kecamatan Ulu Musi dan Pasema Air Keruh (Paiker) itu kasusnya malaria dan daerah Padang Tepong itu ISPA.

“Untuk antisipasinya masyarakat harus selalu menerapkan hidup bersih dan puskesmas yang ada di tiap kecamatan sudah siap untuk mengantisipasi kalau terjadi wabah penyakit dampak cuaca ekstrem,” tandasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.