122 Tim Ikuti Scout Serasan Competetion V Kwarcab Muaraenim

Rabu, 9 Agustus 2023
122 Tim Ikuti Scout Serasan Competetion V Kwarcab Muaraenim

Muaraenim, Sumselupdate.com — Dalam rangka memperingati Hari Gerakan Pramuka Ke-62 Tahun 2023, ratusan pramuka adu skill, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Muarenim menggelar Perlombaan Scout Serasan Competation V, Rabu (9/8/2023) di GOR Pancasila Muaraenim.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Dispora Muaraenim Deni Fedrian dan dihadiri Para Wakil Ketua, Sekretaris dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muaraenim, Kepala Sekolah, Pembina serta ratusan peserta Scout Serasan Competation V Tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Sekdispora Muaraenim Deni Fedrian saat membacakan sambutan Plt Bupati Muaraenim Ahmad Usmarwi Kaffah mengungkap, Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Dengan berkepribadian mulia dan berkecakapan hidup adalah salah satu kalimat singkat yang bias menggambarkan amanat Undang-undang gerakan pramuka. Dimana dua aspek fisik yang sudah semestinya diterapkan pada setiap pribadi bangsa Indonesia,” ungkap Deni.

Kemudian, ia mengatakan melalui kegiatan Perlombaan Scout Serasan Competation V yang bertepatan dengan Hari Gerakan Pramuka Ke-62 Tahun 2023 ini, ia menyatakan salah satu bukti kualitas dan kuantitas anggota Pramuka.

“Disamping merupakan program kerja Kwartir Cabang Muaraenim, kegiatan ini juga merupakan salah satu bukti nyata tidak ada perlakuan yang berbeda diantara Penegak, Penggalang dan Siaga yang tersebar di Kabupaten Muaraenim. Hal ini perlu terus dijaga dan dipelihara mengingat dengan adanya kebersamaan dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Kwarcab tentunya akan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas Gerakan Pramuka yang ada di Kabupaten Muaraenim,” ujarnya.

Selanjutnya, Deni mengatakan peserta Scout Serasan Competation V adalah angota Pramuka yang Aktif di Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah dalam wilayah Kabupaten Muaraenim terdiri dari Tingkat Siaga (SD, MI) Sederajat Putra sebanyak 25 Barung, Putri 23 Barung dengan total jumlah 48 Barung. Tingkat Penggalang (SMP, MTs) sederajat Putra 19 Regu, Putri 19 Regu total jumlah 38 Regu.

“Sedangkan Tingkat Penegak (SMA, SMK, MA) sederajat Putra 18 sangga, Putri 18 Sangga Jumlah total 36 Sangga. Dimana untuk total keseluruhan sebanyak 122 Tim. Kegiatan Perlombaan Kegiatan Scout Serasan Competition V terdiri dari 3 tangkai Perlombaan yakni Lomba Sandi, Morse dan Semapore. Kemudian lomba Pionering Kreasi dan Lomba Gerak Jalan Pramuka,”bebernya.

Terakhir, ia mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah konsiten mengabdikan diri bagi perkembangan generasi muda di Bumi Serasan Sekundag.

“Kakak ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang secara konsisten mengabdikan dirinya bagi perkembangan generasi muda serta seluruh panitia yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan lomba Scout Serasan Competation V. Dan kepada para peserta selamat mengikuti perlombaan dan berlombalah dengan penuh semangat,” pungkasnya.(dan)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.