Tewas Mengenaskan, Begini 11 Adegan Rekontruksi Pembunuhan Warga Arisan Musi Muaraenim

Adegan rekontruksi pembunuhan warga Arisan Musi Muaraenim.

Laporan: Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com – Unit Reskrim Polsek Gelumbang menggelar rekontruksi kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Arisan Musi, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (4/12/2020).

Bacaan Lainnya

Sebanyak 11 adegan yang diperagakan tersangka Saridon alias Ardoni (40), saat melakukan pembunuhan terhadap Sunarto bin Kemiong (38).

Reka ulang yang digelar halaman Mapolsek Gelumbang, dimulai dari pelaku keluar rumah dengan membawa keruntung berisikan golok. Tersangka saat itu pergi ke ladang sawah menggunakan perahu.

Setelah sampai di ladang sawah miliknya, pelaku melihat korban melintas dengan menggunakan perahu.

Selang beberapa menit kemudian, pelaku mendatangi korban di sawah milik korban. Sampailah adegan pelaku dengan membabi-buta membacok tubuh korban berkali-kali hingga tewas di tempat.

Belakangan diketahui motif  Saridon tega menghabisi nyawa tetangganya itu lantaran sakit hati sering ditantang berkelahi oleh korban.

Salah satu adegan cara pelaku melakukan pembunuhan pada tetangganya sendiri.

Kapolsek Gelumbang Iptu Hary Dinar, SIK SH, MH mengatakan, rekontruksi kasus pembunuhan ini dengan mengikutsertakan pihak Kejaksaan Negeri Muaraenim.

Menurutnya, rekan ulang ini bisa menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi pada saat kejadian, dengan beberapa adegan-adegan yang diulang.

Adegan reka ulang itu guna memberikan gambaran kepada penyidik dan penuntut umum atas apa yang telah terjadi sebenarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sunarto (38), warga Desa Arisan Musi, Kecamatan Muara Belida, Kabupaten Muaraenim, tewas bersimbah darah akibat dibantai tetangga sebelah rumahnya.

Jasad Sunarto ditemukan tertelungkup di area persawahan milik korban pada Sabtu (3/10/2020), sekitar pukul 10.00 WIB. Tersangka adalah tetangganya sendiri, Saridon bin Holil (38).

Usai menghabisi nyawa seterunya itu, pria yang akrab disapa Ardoni berhasil diamankan petugas Polsek Gelumbang.

Saksi mata di lokasi kejadian bernama Supardi (45), warga Arisan Musi, Kecamatan Muara Belida mengaku  melihat langsung peristiwa pembunuhan tersebut.

Saat kejadian, menurut pria yang biasa disapa Tedi ini, dia mendengar teriakan korban meminta tolong sekitar pukul 10.00 WIB.

Begitu mendengar ada teriakan meminta tolong, Supardi mengaku segera mencari sumber suara. Alangkah terkejutnya Supardi, saat sampai ke tempat kejadian perkara, dia melihat pelaku Saridon sedang membacoki tubuh Sunarto dengan senjata tajam jenis parang.

Melihat kedatangan Supardi, tersangka melarikan diri. Sedangkan korban tewas bersimbah darah dengan luka bacok menggangga di dada sebelah kiri, luka bacok pinggang sebelah kanan hingga usus terburai, luka bacok di punggung, dan luka lebar di paha kiri. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.