Soal Status Covid-19, Wapres Ma’ruf Amin: Pemerintah Tak Ingin Buru-buru

Wapres Ma'ruf Amin

Jakarta, Sumselupdate.com – Masyarakat telah beraktivitas seperti biasa, bahkan sebagian besar tidak mengenakan masker saat di tengah keramaian dan di ruang publik. Hal ini menyusul anggapan di tengah masyarakat, bahwa wabah Covid-19 telah usai. Padahal sampai sekarang, pemerintah Indonesia belum memberikan status endemi bagi penyakit yang disebabkan oleh virus Corona tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin. Dikatakannya, pemerintah saat ini tengah melakukan pengkajian ulang untuk menetapkan Indonesia bebas Covid-19 dan belum bisa menetapkan status endemi.

Read More

Wapres berharap jangan sampai ada kasusnya atau lonjakan kembali setelah pemerintah menetapkan Indonesia bebas pandemi Covid-19 atau status endemi.

“Untuk menyatakan sekarang sudah endemi itu pemerintah masih mengkaji, jangan sampai kita terburu-buru kemudian ternyata di belakang ada, ini pasti dulu, yakin dulu, bahwa memang ini sudah dalam posisi tidak ada gejolak,” jelas Wapres dalam keteranganya, Kamis (22/9/2022), dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Dirinya pun meyakani secara luas Pandemi Covid- 19 di Indonesia sudah mengarah dari pandemi menuju endemi. Sekalipun penanganan kasus Covid 19 di Indonesia dinilai cukup baik dan berhasil.

“Ya kita memang istilah kita itu mengarah dari pandemi ke endemi tetapi memang ada negara yang sudah lebih dahulu mengatakan dalam penanganan Indonesia itu sudah bagus, dianggap sangat baik.”

Wapres pun menegaskan Indonesia belum dapat menetapkan status endemi. Untuk itu, masyarakat diminta untuk tetap berhati-hati dan waspada.

“Walaupun arahnya sudah ke endemi dan dilihat dari kenaikan juga masih sedikit tetapi untuk memastikan, pemerintah masih menunggu beberapa saat untuk memastikan lagi, jadi bersifat hati hatilah kita itu,” tegasnya. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.