DPR Sebut P20 Momentum Baik Untuk Indonesia

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Puteri Komarudin.

Jakarta sumselupdate.com – Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Puteri Komarudin mengatakan, DPR RI sebagai tuan rumah penyelenggaraan P20 di Bali pada 5-7 Oktober 2022 merupakan momentum paling baik untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia.

Dalam pertemuan nanti akan ada pernyataan atau deklarasi bersama.

Read More

Menurut Puteri, deklarasi tersebut akan menjadi suatu konsensus politik yang akan menggambarkan arah kerjasama diplomasi 20 negara ekonomi terbesar dunia dan ke depan P20 akan membangun dukungan ataupun komitmen politik yang akan disepakati dalam KTT G20 pada Nopember 2022.

“Komitmen yang akan dicapai nanti pasti disampaikan kepada parlemen di negara masing-masing setelah para speaker bertemu dan akan menjadi kebijakan negaranya masing-masing,” kata Puteri di ruangan Media Center DPR Jakarta, Kamis (22/9).

Dikatakan, implikasi P20 sangat penting untuk negara-negara di G20, karena posisi parlemen memegang fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran. Jadi pasti bisa didorong speaker di negara masing-masing.

Diakui, ancaman berlapis yang sedang dihadapi oleh berbagai negara di dunia.

Yang kita hadapi pada saat ini tentu merupakan ancaman yang sangat berlapis pasca musim pandemi covid 19 tiga tahun terakhir. Semua negara sedang menghadapi tingkat inflasi meningkat, juga masih menghadapi ancaman pada rantai pasok lantaran perang Rusia dan Ukraina.

Anggota BKSAP Dyah Roro Esty menjelaskan, dalam ajang P20 Indonesia mendatangkan begitu banyak kepala negara untuk membahas berbagai isu.

Indonesia sebagai negara besar dan memiliki kekayaan berlimpah mesti memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan berbagai produk industri serta membahas mengenai isu lingkungan dan politik global.

“Saya berharap  P20, bukan hanya forum diskusi, tetapi menjadi sebuah motivator untuk setiap negara melakukan aksi nyata,” tegas Dyah. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.