Simpan Ganja 1 Kilogram, Dua Terdakwa Divonis 12 Tahun Penjara

Penulis: - Rabu, 7 Februari 2024
Dua terdakwa Dapit Supriyadi dan Raharjo di vonis masing-masing 12 tahun penjara.

Palembang, sumselupdate.com – Simpan ganja sebanyak 1 kilogram, dua terdakwa Dapit Supriyadi dan Raharjo di vonis masing-masing 12 tahun penjara oleh Majelis Hakim yang diketuai Hakim Budiman Sitorus SH MH, di PN Palembang.

Dalam amar putusan, Majelis Hakim menyatakan bahwa perbuatan para terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana telah melakukan percobaan atau permufakatan jahat untuk tanpa hak atau melawan hukum menjadi perantara dalam jual beli, narkotika golongan I yang dalam bentuk tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

Atas perbuatan para terdakwa diancam pidana dalam Pasal 114 ayat ( 2 ) jo. Pasal 132 ayat ( 1 ) Undang-Undang RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Mengadili dan menjatuhkan pidana penjara terhadap kedua terdakwa Dapit Supriyadi dan Raharjo, dengan pidana penjara masing-masing selama 12 tahun denda Rp1 miliar subsider 6 bulan,” tegas Hakim saat di persidangan.

Advertisements

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Palembang Surya Dharma Putra Bakara SH menuntut kedua terdakwa Dapit Supriyadi dan Raharjo dengan pidana penjara masing-masing selama 15 tahun serta denda Rp1 miliar subsider 6 bulan.

Baca juga : Satgas Narkoba Bentukan Kapolri Amankan Ribuan Kilogram Shabu, Asal Sumsel Paling Menonjol

Dalam dakwaan JPU, kejadian bermula tepatnya pada tanggal 8 September 2023 anggota tim reserse polrestabes palembang mendapatkan informasi dari karyawan PT JNE, cabang kota palembang  tentang adanya paket yang dicurigai berisi Narkotika Golongan I Jenis Ganja.

Mendapatkan informasi tersebut akhirnya tim reserse polrestabes palembang langsung melakukan penyelidikan dan penangkapan terhadap terdakwa I Dapit Supriyadi.

Setelah dilakukan penangkapan dan pengeledahan ditemukan barang bukti berupa 2 bungkus paket narkotika  golongan I jenis tanaman daun ganja kering dengan berat netro + 1.005,14 gram.

Baca juga : Satres Narkoba Polres OKU Ringkus Pengedar dan Kurir Shabu

Sedangakan untuk terdakwa ll Raharjo, berhasil diamakan di rumah kontrak milik terdakwa l Dapit Supriyadi, yang beralamat di Jalan Ki. Merogan Lrg. Wijaya Gang Wijaya 11, Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang ,pada saat sedang menunggu Paket Narkotika.

Kemudian saat ditanya atas kepemilikan Paket Narkotika Golongan I Jenis Ganja tersebut para terdakwa menjelaskan bahwa barang bukti miliknya yang didapatkan dari saudara Vito (DPO).

Atas kejadian tersebut para terdakwa beserta barang bukti dibawa ke Satres Narkoba Polrestabes Palembang guna proses hukum lebih lanjut. (**)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.