Sediakan 7.500 Liter Minyak Goreng, Pemkab Lahat Buka Operasi Pasar  

Bupati Lahat Cik Ujang saat operasi pasar minyak goreng di halaman Disperindag, Kamis (24/2/2022).

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Pasca-gelar inspeksi mendadak (sidak) di toko maupun gudang minyak goreng di seputaran Kota Lahat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lahat menggelar Operasi Pasar di halaman Disperindag, Kamis (24/2/2022).

Read More

Pantauan di lapangan tampak ratusan warga Kota Lahat didominasi oleh ibu rumah tangga (IRT) datang berduyun-duyun dan rela mengantre untuk membeli minyak goreng.

Untuk pembelian minyak goreng ini warga diwajibkan membawa fotocopy KTP guna mengantisipasi pembelian yang melebihi batas ketentuan yakni satu liter, dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.000.

“Kemaren (Rabu) cek lapangan Kita sidak, ternyata termasuk di gudang–gudang, gudang beras dan gudang yang ada di Pagar Agung ternyata masih kosong, Alfamart, Indomaret, jugo masih kosong tapi ternyata nformasi dari Kepala Dinas Ado yang berjalan dari Palembang datang ke Lahat 5.000Liter,” ungkap Bupati Lahat Cik Ujang.

Cik Ujang mengatakan, operasi pasar ini dilaksanakan sela dua hari untuk selanjutnya akan diintrukaikan ke Bulog jika masih ada warga yang ingin membeli minyak goreng.

“Bulog kita sudah datakan untuk hari–hari ke depannya, jadi Ketersediannya untuk sekarang ini belum kita sediakan di warung – warung, karena di warung cukup mahal bisa mencapai Rp24.000 sampai Rp30.000 per liternya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Lahat Fikriansyah, SE, MSi mengatakan, dengan operasi pasar ini setidaknya bisa mengatasi masalah minyak goreng, mengingat harga di pasaran bisa melambung hingga Rp21 ribu sampai Rp31 ribu per liter.

“Kita mengupayakan operasi pasar dan menjual minyak goreng  sesuai dengan kisaran harga yang tertinggi yang diatur oleh Menteri Perdagangan, jadi memang diupayakan sejalan dengan Bupati kemaren tentang sidak, dan hari ini kita informasikan ke pasar–pasar,” ujarnya.

Fikriansyah menambahkan, untuk operasi pasar ini Disperindag menyediakan sedikitnya 7.500 liter untuk dua hari dengan HET.

“Sudah banyak yang antre untuk beli migor pada operasi pasar ini, semoga hal ini dapat menjadi solusi migor susah dan harganya tinggi,” harapnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.