Resmi, DPW PKS Sumsel Daftarkan 75 Bacaleg DPRD Sumsel ke KPU

Senin, 8 Mei 2023
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan dokumen pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatifnya (Bacalegnya) DPRD Provinsi Sumsel ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Senin (8/5/2023).

Palembang, Sumselupdate.com – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyerahkan dokumen pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatifnya (Bacalegnya) DPRD Provinsi Sumsel ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Senin (8/5/2023).

Meski dibuka sejak 1 Mei lalu, KPU Sumsel hingga saat ini baru menerima dokumen pendaftaran Bacaleg PKS dan telah dinyatakan lengkap, dengan dibuktikan berita acara oleh KPU Sumsel.

Bacaan Lainnya

Setelah penyerahan berkas acara, Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin mengungkapkan dokumen yang diserahkan ke KPU, dan dicocokkan dengan data di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sudah lengkap dan diterima.

“Berkas dokumen sudah lengkap dan kita Terima. Nantinya akan diverifikasi apakah ada perbaikan atau tidak sebelum ditetapkan menjadi DCS (Daftar Caleg Sementara) dan nantinya DCT (Daftar Caleg Tetap) pada 4 November,” kata Amrah.

Dijelaskan Amrah, dalam perbaikan parpol boleh mengganti Bacalegnya nanti jika dianggap tidak memenuhi syarat. Namun jumlah Bacalegnya sesuai dengan yang dimasukkan dari awal.

“PKS sudah terpenuhi untuk kuota 75 kursi dan keterwakilan perempuannya. Nah kalau ada partai yang menyerahkan dokumen pendaftaran Bacalegnya dibawah 75 orang tidak masalah, namun saat proses perbaikan tidak boleh ditambah jumlahnya, diganti boleh,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Sumsel M Toha memastikan, jika parpolnya mendaftar Bacalegnya pada tanggal 8 sesuai dengan nomor urut PKS 8 di Pemilu 2024.

“Tanggal 8 nomor cantik bagi kami, dan kami dapat kemudah- mudahan swehingga kami mendaftar hari ini dan jadi parpol pertama yang daftar ke KPU,” ucapnya.

Diungkapkan M Toha yang merupakan Bacaleg DPRD Sumsel Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel I ini, dengan adanya awal kemudahan tersebut, menjadikan para Bacaleg, kader, dan struktur PKS di Sumsel semakin semangat, karena pihaknya sangat siap menyongsong pemilu 2024, ini terlihat dari mulai pendaftaran Bacaleg ini.

“Kita berdoa untuk kemudahan seperti mendaftar hari ini, untuk proses kemenangan dari Allah SWT. Kedua mengucapkan terimakasih pelayanan KPU dan Bawaslu Sumsel, sehingga semua proses lancar, akrab dan mudah- mudahan kita ingin politik itu selalu sejuk, damai dan menyenangkan bagi masyarakat,” paparnya.

Ditambahkan Toha, dari kuota 75 kursi untuk 10 Dapil yang diperebutkan di DPRD Sumsel nanti, pihaknya sudah menyerahkan dokumen pendaftaran Bacalegnya 100 persen dan keterwakilan perempuan 30 persen.

Termasuk juga berkas Bacaleg DPR RI dari Dapil Sumsel sebanyak 17 nama untuk dua Dapil yang ada.

“Target kita 15 persen, jadi setiap dapil itu minimal 1 kursi sehingga bisa 11 lebih karena satu Dapil kita ada targetkan dua kursi. Dan untuk DPR RI alhamdulillah hari ini juga sudah didaftarkan pusat dan Sumsel ada 17 nama dari dua Dapil dan rata- rata sudah tokoh nasional bisa full semua dengan keterwakilan perempuan 30 persen,” tutupnya. (ron)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.