Resmi Dikukuhkan, Ini Program Prioritas Pengkab FPTI Kabupaten PALI

Pengurus FPTI PALI berfoto bersama dengan Sekda PALI serta tamu undangan usai dikukuhkan oleh Ketua FPTI Sumsel Beni Hernedi di halaman Guest House rumah dinas Bupati PALI, Kamis (30/1/2020).

PALI, Sumselupdate.com – Setelah resmi terpilih secara aklamasi pada Kamis (12/12/2019) lalu, Ahmad Jhoni, SP, MM, resmi menahkodai Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pelantikan 33 orang Pengurus Kabupaten (Pengkab) FPTI PALI masa bakti 2019-2023 itu digelar di halaman Guest House rumah dinas Bupati PALI oleh Ketua FPTI Sumatera Selatan (Sumsel) Beni Hernedi, Kamis (30/1/2020).

Bacaan Lainnya

Selain melantik Pengkab FPTI PALI, Beni yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) tersebut juga mengenalkan panjat tebing yang merupakan cabang olahraga (cabor) baru dan Kabupaten PALI merupakan ke 15 di Sumsel yang telah terbentuk.

“Perlu kita kenalkan bahwa panjat tebing bukan sekadar cabor, selain kecintaan terhadap ketinggian namun di sana juga ada nilai sosialnya seperti vertical rescue, dan juga bisa menjadi salah satu penghasilan, di mana ada pekerjaan yang terkait dengan ketinggian, seperti pembersihan tower, gedung atau tanki,” ungkap Beni, dalam sambutannya.

Selain itu, Beni juga mengapresiasi dengan dikukuhkannya FPTI PALI. Sebagai kabupaten baru Beni, menilai perhatian pemerintah daerah terhadap perkembangan atlet melalui pembentukan cabor sangat signifikan.

“Di Sumsel ini, daerahnya yang sangat mendukung bidang olahraga hanya ada dua, yakni Kabupaten Muba dan Kabupaten PALI. Ini sangat kita apresiasi, daerah inilah yang akan banyak melahirkan atlet-atlet di masa mendatang. Selain itu, bentuk keseriusan FPTI PALI, juga ditunjukkan dengan sudah adanya bouldering untuk mencari dan melatih atlet memanjat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekda PALI Syahron Nazil meminta kepada FPTI PALI untuk memasyarakatkan olahraga panjat tebing kepada pemuda, karena olahraga panjat tebing merupakan salah satu olahraga ekstrim yang disukai kalangan remaja.

“Kenalkan olahraga panjat tebing ke pemuda, serta anak sekolah. Dan tentunya kami berharap, bisa menghasilkan atlet panjat tebing asal kabupaten PALI,” katanya.

Sementara itu, Ketua FPTI PALI, Ahmad Jhoni mengatakan, setelah dilantiknya kepengurusan FPTI PALI kedepan pihaknya bakal bergerak cepat mencari bibit atlet.

Dirinya juga menjelaskan bahwa papan boulder yang ada saat ini selalu terbuka untuk umum, apalagi untuk kaum pelajar serta muda-mudi.

“Kita kenalkan sarana yang ada seperti dinding Boulder untuk menarik minat calon atlet kita yang ada di PALI. Selain itu, kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab PALI yang telah memberikan support kepada cabor panjat tebing,” ujarnya.

“Direncanakan akan kita penuhi lagi seperti tower panjat yang standar nasional. Jadi, target kita kedepan akan diadakan event baik skala daerah maupun nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Dalam pelantikan Pengkab FPTI PALI tersebut juga turut hadir Sekda PALI Syahron Nazil yang mewakili Bupati PALI, Kapolres PALI AKBP Yudhi Suharyadi, Kadisdik PALI Kamriadi dan Kadispora PALI Darmawi sebagai pembina FPTI PALI.

Usai pelantikan, simulasi boulder ditampilkan seperti jakir lead dan boulder guna diperkenalkan kepada pemanjat pemula dan para siswa dari sejumlah sekolah yang ada di PALI. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.