Rakornas VII Komisi Informasi Akan Dilaksanakan di Palembang

Ketua Panitia Lokal Rakornas VII , Drs Muhammad Zaky Shahab didampingi staf saat menjelaskan kepada wartawan, Kamis (21/7).

Palembang, Sumselupdate.com – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) VII Komisi Informasi (KI) se-Indonesia tahun 2016 akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan direncanakan berlangsung di Hotel Aryaduta, Palembang pada 18-21 Oktober 2016 mendatang.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin juga telah merekomendasikan kalau kegiatan tersebut dilaksanakan di Palembang guna menyukseskan Asian Games dan kegiatan tersebut berdampak kepada masyarakat Sumsel secara langsung.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Lokal Rakornas VII KI , Drs Muhammad Zaky Shahab didampingi Sekretaris Panitia Lokal Rakornas VII KI Agus Srimudin dan Kadishubkominfo Sumsel, diwakilkan Kabid SKDI H Afrian Joni, mengatakan kalau saat rakornas ke VI di Aceh, saat pleno terakhir, sudah lazim membahas tuan rumah ke depan.

“Saya menjadi jubir dalam pleno tersebut menyatakan, Sumsel siap menjadi tuan rumah saat itu. Kami bertiga sampaikan itu dan dalam pleno terjadi perdebatan karena ada beberapa provinsi menginginkan menjadi tuan rumah. Saat itu nama Sumsel tetap masuk dan dibawa ke pleno Komisi Informasi Pusat di Jakarta, yang mana saat mereka membahas siapa tuan rumah, masih banyak provinsi yang tadinya tidak mengajukan diri namun tetap mengajukan juga. Inilah yang membuat molor jauh, karena Jawa Timur saat di Aceh mengatakan tidak sanggup karena belum dianggarkan. Tahu-tahu muncul Jawa Timur bahkan ada nama Riau. Nah pada akhirnya, karena kita komitmen, maka Komisi Informasi Pusat dalam pleno tanggal 6 Juli menetapkan Rakornas Ke VII Komisi Informasi di Sumsel,” katanya, Kamis (21/7).

Selain itu, pihaknya juga sudah melengkapi kelengkapan seperti surat rekomendasi dari Gubernur Sumsel yang ditandatangani Gubernur Sumsel tanggal 8 Maret dengan nomor 480 tentang rekomendasi rakornas VII Komisi Informasi se-Indonesia di Sumsel.

“Sebenarnya, tonggak pengesahan UU No 14 Keterbukaan Informasi Publik ditandatangani semasa Presiden SBY. Namun kita berharap Rakornas VII di Palembang nanti bisa dihadiri Presiden RI ke-5 Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden RI ke-7 Joko Widodo. Kalau semua hadir, ini akan tertulis dalam tinta emas,” katanya.

Zaky menjelaskan, Rakornas untuk mensinergikan kelembagaan KI se-Indonesia, baik sengketa informasi, edukasi, serta menselaraskan strategi.

“Kita mengharapkan yang berbicara nanti Presiden RI (presiden Lecture), mantan Presiden, Ibu Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ini menjadi titik tolak dan ini sedang kita upayakan,” katanya.

Selain itu, yang menjadi pembicara juga semua anggota DPR RI asal Sumsel seperti di antaranya H Dodi Reza Alex, Tantowi Yahya, DPD RI asal Sumsel.

“Kita juga mengundang Kapolri Tito Karnavian, ini sedang kita usahakan,” katanya.

Sedangkan ketua KI Sumsel Kafri Jaya, SH, menambahkan Rakornas ke-VII yang direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo ini mengusung tema menggelorakan kedaulatan informasi.

“Rakornas di Sumsel bisa menjadi rakornas terbaik dan menelurkan ide transparansi yang akan diboyong untuk transparansi dunia di Bali 2017 nanti,” katanya.

Selain itu dalam Rakornas nanti akan hadir sekitar 300 peserta, yang terdiri dari 212 komisioner, 48 sekretariat, dan 40 peninjau.

“Ketua KI Pusat sendiri sudah melihat Hotel Aryaduta, satu tempat yang direkomendasikan. Diharapkan jadi even kenangan sepanjang masa dan peserta akan kita fasilitasi untuk kunjungan visit Musi, ke Al Quran raksasa dan lain-lain. Kalau bisa, keinginan kami, rakornas itu dilakukan di kapal pesiar. Ini bakal menjadi sejarah, minimal setidaknya rapat pleno dikapal pesiar, ini sedang dalam penggodokan,” katanya. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.