Puluhan Desa Persiapan Diguyur Bantuan Rp7,7 Miliar

BANTUAN-Gubernur Sumsel Herman Deru melakukan penyerahan secara simbolis bantuan keuangan Provinsi Sumsel untuk Desa Persiapan Tahun 2020 di Griya Agung Rabu (7/10/20).

Palembang, Sumselupdate.com-Selain melakukan penyerahan surat tugas Gubernur Sumsel Tentang Pelaksana Tugas Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kepada Ferdian Andreas Lacony, SKomMM, Gubernur Sumsel Herman Deru juga melakukan penyerahan secara simbolis bantuan keuangan Provinsi Sumsel untuk Desa Persiapan Tahun 2020 di Griya Agung Rabu (7/10/20).

Bantuan itu untuk membantu operasional 77 desa persiapan yang ada sebesar Rp7,7 miliar. Dikatakan Gubernur, bantuan keuangan yang diberikan kepada Desa Persiapan adalah bentuk kepedulian Pemprov Sumsel untuk membantu Desa Persiapan agar dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat agar dapat berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

Bantuan keuangan Pemprov tahun ini diperuntukkan sebagai dana kegiatan Program PKK, Kegiatan Posyandu, Kegiatan Pemuda dan Olahraga, Operasional Kepala Desa dan Perangkat Desa serta Pengadaan Sarana dan Prasarana Kantor Desa serta pengadaan ATK dan pelaporan. Ia berharap dengan bantuan ini Desa Persiapan akan lebih banyak berbuat menuju Desa Definitif.

“Saat ini ada angin segar, sebagai tahapan menjadi Desa Definitif, desa yang belum teregister segera melakukan registrasi ke provinsi untuk penomoran di Kemendagri. Lakukan register ini sambil menunggu perubahan UU,” ujar HD.

Menurut HD, bantuan senilai Rp100 juta untuk 77 Desa Persiapan itu memanglah tidak besar. Karena itu Ia menghimbau perangkat daerah untuk bersama mengencangkan ikat pinggang.

“Semoga ini menjadi stamina agar Desa Persiapan tetap bertahan dan pelayanan masyarakat tidak terganggu,” ujarnya.

Seperti diketahui, bantuan keuangan ini bukan kali pertama Ia berikan. Tahun 2019 lalu HD juga telah mengguyurkan bantuan keuangan untuk Desa Definitif, Desa Persiapan dan Kelurahan sebanyak 3.311 Desa dan Kelurahan dengab junlah dana sebesar Rp84,5 miliar. Sedangkan tahun ini HD memberikan bantuan keuangan sebesar Rp100 juta untuk 77 Desa Persiapan dengan total bantuan Rp7,7 miliar.

“Bantuan ini nantinya akan disalurkan melalui Bank Sumsel Babel (BSB) ke rekening induk. Selanjutnya Kepala Urusan Keuangan Desa Induk mencatat bantuan keuangan tersebut untuk diberikan kepada Pj Kepala Desa Persiapan,” papar HD.

Menurut HD, bantuan ini akan terus digelontorkan Pemprov sebagai bentuk tanggungjawab. Bantuan akan diberikan setiap tahun sampai desa-desa tersebut menjadi Desa Definitif. Adapun penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis kepada 7 Desa Persiapan dari beberapa kabupaten yakni di Kabupaten Muaraenim, Kabupaten OKU dan Kabupaten PALI. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.