Praktik Penipuan Modus Arisan Online Marak di Sumsel, Polisi Imbau Masyarakat Berani Melapor  

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi.

Laporan: Diaz Erlangga

Palembang, Sumselupdate.com – Praktik penipuan dengan modus arisan online yang mengiming-imingi para korbannya keuntungan yang berkali-kali lipat, marak di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Read More

Maka dari itu, Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengingatkan masyarakat agar tidak tergiur dan menolak ajakan untuk bergabung arisan online.

Kombes Pol Supriadi mengatakan, imbauan ini penting karena kian maraknya laporan yang diterima Polda Sumsel terkait penipuan berkedok arisan online yang lebih banyak menjerat kaum wanita.

Kombes Pol Supriadi mengingatkan masyarakat agar lebih waspada, dan tidak terpengaruh dari rayuan untung besar dari para penipu berkedok arisan online tersebut.

“Apabila ada ajakan dari orang tertentu untuk bergabung dengan arisan tolak saja, apalagi keuntungan yang dijanjikan tidak wajar,” ungkapnya saat ditemui di Mapolda Sumsel, Senin (29/11/2021).

Pada kesempatan itu, Kombes Pol Supriadi mengingatkan masyarakat untuk jangan ragu melaporkan bila mengetahui adanya kegiatan arisan online agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

Menurutnya, para pelaku sangat piawai merayu para korban berkeliaran di media media sosial dengan cara mengiming-imingi keuntungan besar beli bergabung dengan arisan online miliknya.

“Modus pelaku penipuan arisan online ini merayu untuk mengajak ikut dalam arisan online dengan janji-janji keuntungan yang besar sehingga masyarakat tertarik,” tuturnya.

Namun setelah arisan online tersebut berjalan, justru hal sebaliknya yang didapat para korban. Di mana pelaku melarikan diri, janji janji yang ditawarkan di awal hanyalah modus mereka mendapatkan anggota arisan online.

“Justru uang yang telah disetorkan tidak pernah kembali,” bebernya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.