PM Kanada Sebut Rudal Iran Jatuhkan Pesawat Maskapai Ukraina

Jumat, 10 Januari 2020
Petugas menyisir lokasi jatuh pesawat maskapai Ukraina di Teheran.

Ottawa, Sumselupdate.com – Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau, dalam pernyataan terbaru menyebut pesawat maskapai Ukraina ditembak jatuh oleh rudal sesaat setelah lepas landas dari Teheran, Iran. Trudeau mengutip banyak sumber intelijen dalam pernyataannya ini.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Jumat (10/1/2020), pernyataan Trudeau ini disampaikan saat sejumlah foto di media sosial menunjukkan kesalahan fatal dari sistem pertahanan udara Iran yang menjatuhkan pesawat maskapai Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752 pada Rabu (8/1) waktu setempat.

Dengan mengutip informasi intelijen dari negara-negara sekutunya, juga dari intelijen Kanada sendiri, Trudeau dalam pernyataan kepada wartawan setempat pada Kamis (9/1) waktu setempat menyebut pesawat jenis Boeing 737-800 itu terkena rudal darat-ke-udara (SAM) milik Iran.

Disebutkan Trudeau bahwa bukti-bukti yang ada mengindikasikan demikian. Dia juga menyebut ada dugaan insiden itu tidak disengaja.

Advertisements

“Kami memiliki informasi intelijen dari berbagai sumber termasuk dari sekutu-sekutu kami dan intelijen kami sendiri. Bukti mengindikasikan bahwa pesawat ditembak jatuh oleh sebuah rudal darat-ke-udara milik Iran,” ucap Trudeau.

“Ini bisa jadi tidak disengaja,” imbuhnya. (adm3/dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.