Mencari Ketua Umum Baru, DKSS Adakan Musda

Kepala Disbudpar Sumsel Irene Camelyn Sinaga didampingi Plt Ketua DKSS Surono (kiri).

Palembang, Sumselupdate.com – Untuk mencari calon ketua umum yang baru, Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS) tengah melakukan Musyawarah Daerah (Musda) kelima di Hotel Excelton, Sabtu (23/6/2018) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Budaya dan Dinas Pariwisata (Disbupdpar) Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camelyn Sinaga.

Read More

Pada kesempatan itu, Irene Camelyn mengapresiasi dan mendukung diadakannya Musda, dikarenakan DKSS selama ini vakum dan sudah harus memiliki ketua yang baru.

“Saya sangat mengapresiasi kegigihan kawan-kawan seniman dan budayawan bekerja untuk melaksanakan musda ini. Karena Kita semua memiliki peran untuk mengemas sebuah kebudayaan menjadi sesuatu yang luar biasa dan dihargai orang lain, karena akan sangat menyedihkan saat banyak di luar sana yang tidak mengerti detail akan kesenian,” ungkap Irene.

Dirinya juga berharap ketua terpilih nanti, bisa mengangkat citra DKSS dan bukan hanya berada pada level provinsi tapi juga harus benar-benar terjun ke kabupaten/kota bersama dinas terkait untuk ikut mengambil kebijakan-kebijakan dalam mengangkat seni dan budaya Sumsel.

Di tempat yang sama, Surono selaku Plt DKSS menyebutkan bahwa untuk tahun ini berbeda dengan biasanya, dengan calon ketua terbanyak serta dari berbagai latar belakang.

“Tahun ini ada sekitar sepuluh nama calon yang tergabung, dan dalam tiga periode terakhir ini yang luar biasa banyaknya dan terdiri dari latar belakang yang berbeda-beda dimulai dari akademisi, partai politik, dan kalangan seniman,” tutur Surono.

Surono menambahkan, kesemua calon memiliki potensi kemenangan yang sama dan apapun hasilnya baik yang tidak terpilih akan tetap memberikan dukungan sepenuhnya pada DKSS.

“Selain harus menyampaikan visa misi yang mengedepankan kesenian Sumsel yang berkomitmen memperjuangkan Perda Kesenian dan Kebudayaan, tentu ada kriteria khusus jika ingin terpilih menjadi Ketua DKSS yang ideal yakni hendaklah seorang ketua memiliki jaringan yang luas, tak hanya tingkat lokal dan nasional tetapi juga jaringan Internasional dan mengerti serta paham betul bagaimana Seni dan Budaya Sumsel serta yang terakhir,” jelas Surono

Menurut Surono, akan ada 10 nama yang ikut serta dalam penjaringan calon ketua DKSS antara lain, Yanti Mochtar, Vebri Al Lintani, Ishak Idrus, Edwin Fast, R Syahril Erwin, Kamsul A Harga, Erwan Surya Negara, Mardi, Ali Febriansyah dan Charms (mengundurkan diri). (syd)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.