Lindungi Anak Jalanan dari Kekerasan, KPAD Sumsel Turun ke Jalan

Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Sumatera Selatan melakukan razia anak jalanan, untuk melindungi mereka, Kamis (27/11/2020).

Laporan : Armiziwadi

Palembang, Sumselupdate.com –  Dalam beberapa bulan terakhir, anak jalanan semakin menjamur diseputaran jalan di Kota Palembang. Mereka, ada yang terlihat menggemis dan tak sedikit juga menjadi pemulung.

Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Sumatera Selatan terketuk hatinya untuk membantu anak jalanan ini, dan sekaligus membantu pemerintah untuk menertibkan mereka.

KPAD tidak sendiri, tapi aksi ini dilakukan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)  Provinsi Sumsel, Dinas Sosial Kota Palembang dan juga Polda Sumsel, Kamis (26/11/2020).

“Mereka ini sering menerima kekerasan bahkan bisa sampai kepecehan seksual. Itulah kenapa kita perlu melakukan ini, untuk membantu mereka,” ucap Ketua KPAD Sumsel Eko Wirawan, Jumat (27/11/2020).

Dari hasil penertiban yang dilakukan, rata-rata anak yang terjaring atau berhasil diamankan berusia 8-12 tahun.

Diusia ini, dikatakan Eko, harusnya mereka masih duduk di bangku sekolah. Tapi, kini mereka malah berkeluyuran di jalan, karena terkendala biaya.

Mereka pun, rata-rata masih mempunyai orangtua. Oleh sebab itulah, pihaknya melakukan pendataan dan kemudian mengembalikan mereka kepada orangtua.

Orangtua diberikan edukasi untuk dapat menjaga dan melindungi anak mereka, dan tidak membiarkan buah hatinya berkeluyuran atau mengemis di jalan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.