KPU Sumsel Prioritaskan Iklan Kampanye Paslon ke Media Lokal

Anggota KPU Sumsel melakukan rakor dengan awak media dan tim pemenangan pasangan calon di Sekretariat KPU Sumsel, Selasa (5/6/2018).

Palembang, Sumselupdate.com – Membahas mekanisme iklan kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel)  melakukan rapat kordinasi dengan awak media dan tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon) di Sekretariat KPU Sumsel, Selasa (5/6).

Pada kesempatan itu, komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi menjelaskan, iklan kampanye Paslon yang akan tersebut akan tayang 10-23 Juni di media cetak, elektronik, dan cyber.

Read More

“Kita perlu sepakati waktu penayangan, karena ada penyesuaian dengan Ramadhan dan Idul Fitri, khususnya untuk media cetak apakah masih terbit saat lebaran,” katanya.

Sebelumnya, KPU juga sudah kordinasi dengan tim Paslon terkait hak tayang dengan media. Mekanismenya, materi iklan yang akan ditayangkan ke media diserahkan ke KPU Sumsel, kemudian KPU yang akan menyerahkan ke masing-masing media. Termasuk untuk revisi iklan, satu pintu melalui KPU.

“Tim paslon tidak bisa langsung merevisi ke media, karena materinya harus kami lihat dulu guna memastikan tidak ada unsur pelanggaran,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Sumsel Sumarwan menambahkan, melalui pertemuan ini pihaknya perlu memastikan kapan waktu yang ideal untuk iklan pasangan calon. “Jangan sampai ketika ditayangkan tidak ditonton masyarakat,” katanya.

Dia melanjutkan sistem pemesanan iklan kampanye ini, KPU Sumsel menerapkan penunjukan langsung untuk dua media pemerintah, TVRI dan RRI. Sedangkan untuk media yang lain melalui proses lelang tender LPSE KPU RI. “Hari ini masih sedang tahap pembuktian berkas,” katanya.

Marwan menambahkan, setiap paslon diberi ruang yang sama, berimbang dan berkeadilan. Melalui iklan media ini diharapkan informasi sosialisasi paslon sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

“Pastinya kami memprioritaskan media lokal dan yang menjangkau seluruh daerah Sumsel,” katanya.

Pastinya, pembahasan iklan kampanye paslon direncanakan selesai pada hari ini, Rabu (6/6/2018), melalui rakor dengan PRSI, KPID, dan Bawaslu.

Di dalam rakor ditetapkan batasan-batasan iklan kampanye dan hasilnya akan disampaikan pada pasangan calon.

Kemudian pada 8 Juni penyampaian perbaikan materi iklan hingga pukul 12.00 dan pukul 16.00, kemudian semua materi iklan sudah diserahkan ke media untuk ditayangkan 10-23 Juni 2018. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.