Komisi I DPRD Sumatera Selatan Kunjungi Presidium DOB Kabupaten Gelumbang

Dewan Penasehat PPKG Ir. Hanan Zulkarnain MTP menyerahkan berkas usulan CDOB Gelumbang yang langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumsel, dan selanjutnya pihak komisi I DPRD Provinsi, memberikan plakat berbentuk rumah rakyat

Laporan Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com — Komisi I DPRD Provinsi Sumsel mendatangi Sekretariat Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) di kediaman Ir. Hanan Zulkarnain M.TP, Desa Sukamenang Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan, Kamis (2/6/2022).

Bacaan Lainnya

Kedatangan rombongan ini untuk menindaklanjuti perkembangan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Kabupaten Gelumbang,

Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Selatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumsel, Antoni Yulizar SH MH, serta rombongan, disambut pengurus Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG), turut hadir juga enam Camat di CDOB Kabupaten Gelumbang, yaitu Camat Gelumbang, Lembak, Kelekar, Sungai Rotan, Muara Belida, dan Belida Darat.

Hadir juga, Anggota DPRD Kabupaten Muaraenim, Mukarto SH, Lurah Gelumbang, Kepala RSUD Gelumbang, para perangkat Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Camat Gelumbang, H. Restu JK, S.Sos M.Si mengungkapkan, terima kasih atas kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Sumsel ke wilayah Calon Kabupaten Gelumbang. Dirinya sangat mengapresiasi serta sangat mendukung kalau Gelumbang Raya ini menjadi Daerah otonomi baru.

“Kami atas nama enam kecamatan sangat MENDUKUNG CDOB Gelumbang agar cepat mekar dan didefinitifkan. Kami yakin DOB Gelumbang mekar tanpa ada hal yang membuat ricuh, dan kami yakin pemekaran Kabupaten Gelumbang selalu menjalani sesuai dengan aturan,” ungkap Restu.

Dewan Penasehat PPKG Ir. Hanan Zulkarnain MTP, mewakili Ketua PPKG, H. Rani Kodim SH, dalam sambutannya sangat bangga atas kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Sumsel dalam melihat perkembangan CDOB Gelumbang yang sampai saat ini CDOB Gelumbang secara administrasi sudah lengkap dan data usulannya telah di Kemendagri Pusat.

Selanjutnya Ir. Hanan Zulkarnain, memaparkan terkait perjuangan CDOB Gelumbang yang saat ini telah diusulkan di pusat tersebut, secara administrasi CDOB Gelumbang sudah lengkap, baik dari persetujuan Pemerintah Kabupaten Muaraenim, maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, PAD nya, SDM nya, bahkan kajian akademik dari UNSRI sudah menyatakan layak untuk jadi DOB, bahkan wilayah bakal Kabupaten Gelumbang sudah terputus dari Kabupaten induk.

“Masih ada kendalanya yaitu murotorium pemekaran suatu daerah belum dibuka oleh Presiden RI, itu yang masih kendala kita serta memperbaharui administrasi untuk diajukan kembali Kemendagri,” tukasnya.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumsel Antoni Yulizar SH MH mengatakan, kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Sumsel kali ini guna memantau langsung serta melihat sampai dimana perkembangan pemekaran calon Kabupaten Gelumbang dan akan ditindak lanjuti.

“Namun setelah kita melihat data administrasi CDOB Gelumbang sangatlah lengkap, maka dengan ini mari kita sama-sama bersama DPRD Provinsi Sumsel serta DPRD Kabupaten Muaraenim, untuk secepatnya akan kita gedor Pemerintah pusat, agar Gelumbang bisa jadi Daerah otonomi baru,” tegas Antoni.

Selanjutnya Dewan Penasehat PPKG Ir. Hanan Zulkarnain MTP menyerahkan berkas usulan CDOB Gelumbang yang langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumsel, dan selanjutnya pihak komisi I DPRD Provinsi, memberikan plakat berbentuk rumah rakyat.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.