Kembangkan Sektor Pariwisata, Disporapar OKU Timur Gelar Pelatihan

Suasana Pelatihan Sadar Wisata tahun 2021 di Puri Tani Hotel Kabupaten OKU Timur, Selasa (6/4/2021).

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Untuk mengembangkan potensi produk wisata serta meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menggelar Pelatihan Sadar Wisata tahun 2021.

Read More

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari diikuti oleh pelaku usaha perhotelan, duta wisata morli meranai dan sejumlah OPD terkait di Puri Tani Hotel, Selasa (6/4/2021).

Kepala Disporapar OKU Timur, HM Supardi dalam laporannya menyampaikan, melalui Pelatihan Sadar Wisata Kabupaten OKU Timur tahun 2021 ini dapat menumbuhkan semangat sadar wisata bagi kalangan pelaku usaha dan juga pemuda, dalam menunjang ekonomi daerah.

“Pandemi saat ini terasa sekali berdampak pada sektor pariwisata, seperti perhotelan dan lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan bagi pengelola industri kreatif agar tetap semangat, tetap kreatif dan inovatif. Walau kita bukan Kabupaten destinasi wisata, namun sektor pariwisata tetap patut kita kembangkan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati OKU Timur, H Lanosin ST melalui Asisten 1, Drs Dwi Supriyanto, MM dalam arahannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan, Kabupaten OKU Timur memiliki potensi wisata, baik alam, buatan, kuliner dan religius. Selain itu juga cagar budaya yang masih banyak belum diketahui.

“Bupati sangat mendukung sekali kegiatan ini. Karena ini moment yang bagus agar pengusaha di OKUT bisa lebih berpartisipasi dan berkontribusi bagi daerah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang dapat dikembangkan dari kegiatan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ucapnya.

Dikatakannya, suatu daerah harus memiliki kemampuan ekonomi mandiri untuk mendukung PAD.

“Seandainya ada destinasi wisata di OKU Timur dan dimaksimalkan akan berdampak positif dan berkontribusi pada ekonomi daerah. Salah satunya dari pajak restoran dan perhotelan. Dari pajak tersebut, peran pemerintah memberikan fasilitas mendukung lancarnya industri wisata, baik infrastruktur jalan dan lainnya. Kepada dinas terkait agar bergerak terus mengembangkan sektor pariwisata ini,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.