Kampanyekan Gemar Makan Ikan, Ini Cara Pemkab & TP PKK OKU Timur

Pembukaan lomba memasak serba ikan di OKU Timur.

Martapura, Sumselupdate.com – Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur bersama TP PKK OKU Timur menggelar lomba memasak makanan serba ikan tingkat kabupaten 2019, di halaman Kantor Diskanak OKU Timur, Selasa (17/9/2019).

“Kegiatan ini guna mendukung sumber daya ikan dan memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno Msi saat pembukaan lomba.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, selain tujuannya untuk menyebarluaskan informasi tentang ikan dan kandungan gizi produk olahan perikanan. Serta untuk menyatupadukan gerak dan langkah seluruh unsur terkait guna mensukseskan program Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan) secara nasional, baik dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten yang telah dicananfkan secara resmi oleh Presiden RI pada 2004 lalu.

Melalui gerakan tersebut diharapkan dapat membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dan dilaksanakan melibatkan seluruh elemen bangsa.

“Selain itu dapat kami sampaikan salah satu implementasi Gemarikan melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba memasak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional,” ungkapnya.

Lomba memasak OKU Timur dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur berkerjasama  dengan Tim Penggerak PPK kabupaten. “Melalui kerjasama ini diharapkan menu-menu tersebut didesimenasikan hingga tingkat dasawisma,” katanya.

Tubagus juga menambahkan, selain lomba memasak serba ikan tingkat kabupaten dinas yang dipimpinnya juga akan melakukan sosialisi Gemarikan dengan membagikan 200 paket yang terdiri dari susu dan olahan ikan berupa Nugget dan brownies pada Kelompok Belajar (KB) PAUD dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Martapura.

Peserta lomba memasak serba ikan tingkat kabupaten 20 yang berasal dari TP PKK kecamatan se OKU Timur. Sementara, Kategori lomba diantaranya, kategori ikan untuk keluarga, Balita, menu kudapan/snack.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua TP PKK OKU Timur Lilik Setio Rini Fery Antoni menjelaskan, pangan merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan sehingga harus dipenuhi. Pemenuhan gizi di OKU Timur dengan memanfaatkan potensi yang ada dan mengkonsumsi makanan yang berimbang bergizi.

Dengan lomba ini akan mampu memotivasi masyarakat untuk mengolah ikan. “Dinas Perikanan dan Peternakan agar bersama-sama dengan PKK untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara Sekda OKU Timur Jumadi, S.Sos menambahkan, ketahanan pangan masih jadi isu penting sama dengan isu ekonomi dan energi. Ketahanan pangan dan gizi kebutuhan utama kebutuhan manusia, dan terwujudnya SDM yang berkualitas. Konsumsi ikan masih rendah dan ini membuat terjadinya bayi stanting.

Germar ikan merupakan gerakan untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat. “Lomba ini untuk meningkatkan kegemaran dalam mengkonsumsi ikan dan meningkatkan kemampuan dalam mengolah ikan,” imbuhnya. (mat)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.