Insiden Kapal Tenggelam, Pusri : Tidak Membahayakan Biota Sungai

Manajer Humas PT PusriSoerjo Hartono

Laporan : Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com-Tenggelamnya Kapal KM Ceria 8 di perairan Sungai Musi, Jumat (14/8/2020)pukul 01.30 WIB, mnjadi perhatian serius Manajer Humas PT Pusri Soerjo Hartono.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, kronologi kejadian bermula saat Kapal Ceria 8 bersandar di Dermaga II Pusri pada, Rabu (12/8/2020) pukul 12.00 WIB.

“Sebelum dilakukan loading/pemuatan pupuk urea, terlebih dahulu dilakukan survey kelayakan dan kebersihan palka kapal oleh pihak surveyor. Setelah dinyatakan layak muat kemudian dilakukan loading urea curah ke palka kapal,” jelasnya.

Kemudian, proses muat pupuk urea curah non subsidi dimulai pada pukul 16.35 – 22.10 WIB. Selanjutnya, Kapal Ceria 8 lepas dari Dermaga Pusri pada tanggal 13 Agustus 2020 jam 08.45 WIB. Kapal berlabuh ke tengah Sungai Musi menunggu jadwal keberangkatan yang sudah direncanakan.

Hingga pada akhirnya, PT Pupuk Indonesia Logistik (PILOG) sebagai penyewa Kapal Ceria 8 menginfokan ke Pusri. Bahwa kapal bermuatan 1000 ton yang secara spesifik mengangkut 944,903 ton pupuk urea curah non subsidi tersebut tenggelam pada, Jumat (14/8/2020) pukul 02.00 WIB. Kondisi semua crew dalam keadaan selamat.

Penyebab resmi kapal karam masih dalam penyelidikan oleh PT Pilog. Pusri terus melakukan koordinasi dengan Pilog untuk mengupdate informasi terkait kejadian ini.

Lanjut Soerjo, muatan pupuk urea curah yang sudah diserahkan ke pihak kapal bukan menjadi tanggung jawab PT Pusri lagi, tetapi menjadi kewenangan pihak ketiga.

“PT Pusri telah melakukan proses loading pupuk sesuai prosedur, dan kapal telah lepas dari dermaga Pusri sehari sebelum kejadian. Selain itu, pupuk urea yang tumpah ke Sungai Musi akan terhidrolis/ larut dalam air dan tidak membahayakan biota air,” tegasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.