Giliran 12 Camat Palembang Diperiksa

Proses pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumsel, Kamis (4/8).

Palembang, Sumseludapte.com – Setelah kalangan LSM, organisasi masyarakat serta anggota DPRD Sumsel periode 2009-2014, kali ini giliran 12 camat di Palembang yang menjalani pemeriksaan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumsel, Kamis (4/8).

Para petinggi di tingkat kecamatan ini dimintai keterangan terkait dugaan penyelewengan dana hibah 2013 yang disalurkan ke lembaga swadaya masyarakat oleh tim penyidik Kejaksaan Agung RI.

Bacaan Lainnya

Adapun ke-12 camat tersebut di antaranya, Camat IT II Syahrul Gama, Camat SU I Nopran Hansyah, Camat SU II M Ichsanul A, Camat IB I Agus Rizal, Camat IB II A Halim, Camat Kemuning Romli dan Camat Sukarami GA Putra Jaya.

Selain itu, turut diperiksa Herly Kurniawan yang di tahun 2013 menjabat sebagai Camat Sematang Borang dan kini menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Tata Pemerintahan di Pemerintah Kota Palembang.

Ketua tim penyidik Kejaksaan Agung Haryono mengatakan, pemeriksaan terhadap camat ini dilakukan untuk meng-crosscek kebenaran adanya LSM yang terdaftar menerima dana hibah sebesar Rp. 2,1 triliun tersebut.

“Di sini Camat kita mintai keterangan tentang ada atau tidak orang-orang atau lembaga terdistribusi tersebut serta kebenaran kegiatan yang dimaksudkan,” katanya.

Menurutnya, ada 400 LSM dan Ormas yang menerima dana hibah dengan nominal mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 400 juta dan sistem pemanggilan dilakukan melalui Camat.

“Undangan panggilan itukan kita berikan ke Camat. Camat yang meneruskan ke Lurah dan para Ketua RT. Kita mau tanya, untuk LSM dan Ormas yang tak hadir apakah alamatnya ada atau tidak,” imbuhnya.

Sebab dari 400 panggilan, sampai kini hanya sekitar 200 LSM dan Ormas yang hadir memenuhi panggilan.

“Kalau alamatnya ada tapi saat dicek ke alamat tersebut LSM dan Ormas itu tak ada di lokasi, kan itu namanya fiktif,” tandasnya. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.