Gempa Bumi Tektonik Magnitude 3,7 Guncang Muaraenim, BMKG : Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Muaraenim

Muaraenim, Sumselupdate.com – Kejadian dan Parameter Gempabumi terjadi di kabupaten Muaraenim, Jumat, 31 Desember 2021 sekitar pukul 08:54:57 WIB. Berdasarkan keterangan BMKG Wilayah II Tangerang, gemba yang terjadi di wilayah Muaraenim, Sumatera Selatan dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,7. Episenter terletak pada koordinat 3.82 LS dan 103.73 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km Barat Daya Muaraenim, Sumatera Selatan pada kedalaman 5 kilometer,” ungkap Hendro Nugroho, Jumat (31/12/2021) dalam keterangan persnya melalui situs resmi BMKG.

Read More

Ditambahkannya, jenis dan mekanisme Gempabumi tersebut dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal Setempat.

“Dampak Gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Muaraenim dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” jelasnya.

Kemudian, Hendro menjelaskan dampak kerusakan dari gempa ini belum ada laporan.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menerangkan belum ada tanda akan terjadi gempabumi susulan.

“Hingga pukul 09:33 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Akan tetapi kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” imbaunya.

Terakhir ia juga mengatakan kepada masyarakat untuk memastikan segala informasi bersumber dari pihak BMKG.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” pungkasnya. (dan0

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.