Dugaan Korupsi Hibah: Kuasa Hukum Terdakwa Siti Zahro Minta JPU Periksa Ketua Bawaslu Sumsel

Suasana sidang di PN Tipikor Palembang, Kamis (25/8/2022)

Palembang, Sumselupdate.com – Kuasa hukum terdakwa Siti Zahro, Indra Cahaya, meminta pihak penyidik Kejari Lubuklinggau, untuk mendalami peran dan kembali memeriksa ketua Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto, terkait dana hibah kegiatan Bawaslu Muratara tahun 2019-2020.

Hal ini diungkapkannya usai sidang di PN Tipikor Palembang, Kamis (25/8/2022)

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sesuai fakta persidangan nama ketua Bawaslu Sumsel, terus disebut dan diduga turut menikmati aliran dana dari total kerugian negara Rp2,5 miliar.

“Karena ahli menerangkan, berdasarkan proses auditnya juga mengkonfirmasi langsung terhadap temuan-temuan adanya aliran-aliran dana kepada pihak lain selain para terdakwa,” katanya

Seharusnya, lanjut Indra Cahaya dari hasil temuan yang ahli katakan ada aliran dana kepada ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto serta pihak lainnya, pihak jaksa penyidik langsung bertindak untuk memanggil dan memeriksa para pihak tersebut.

“Kami juga akan melakukan upaya hukum lainnya apabila tidak ada tindak lanjut dari pihak penyidik, yakni dengan membuat laporan baru akan temuan-temuan berdasarkan fakta persidangan,” tuturnya

Sementara itu JPU Kejari Lubuk Linggau Agrin SH, mengaku untuk menindaklanjuti adanya dugaan aliran dana kepada pihak lain itu ada pada kewenangan penyidik.

“Namun yang pasti, dari kita setiap ada perkembangan dalam sidang pasti selalu kita laporkan kepada pimpinan, namun untuk tindak lanjutnya seperti apa adalah kewenangan pihak penyidik,” kata Agrin.

Diberitakan sebelumnya, Iin Irwanto pernah jadi saksi, ia dicecar berbagai pertanyaan tim penasihat hukum terdakwa di antaranya terdakwa Tirta Arisandi, Siti Zahro serta Aceng Sudrajat perihal adanya pemberian uang senilai Rp200 juta.

Pertanyaan serupa juga dilontarkan hakim ketua Efrata H Tarigan SH MH, karena dijelaskan dalam BAP terdakwa Tirta Arisandi, Siti Zahro dan Aceng Sudrajat menjelaskan penyerahan uang kepada saksi Iin Irwanto di sebuah rumah makan. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.