Disnakan OKU Sebar Bibit Jelawat dan Baung di Sungai Ogan

Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan OKU saat melakukan pelepasan bibit ikan.

Baturaja, sumselupdate.com – Menggunakan perahu karet, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Wakil Bupati OKU menyebar bibit ikan atau restocking ikan di aliran sungai Ogan, Rabu (21/11/2018).

Kegiatan restocking yang dipusatkan di belakang masjid Al-maghfiroh Desa Pusar Kecamatan Baturaja Barat, dalam rangka melestarikan populasi ikan di Sungai Ogan, sekaligus peringatan Hari Ikan Nasional ke-5 tahun 2018, yang dilakukan secara langsung oleh wakil bupati OKU Drs Johan Anuar, SH, MM serta didampingi oleh unsur muspida kabupaten OKU.

Bacaan Lainnya

“Total bibit ikan yang akan disebar sebanyak 35.000 ekor,” kata Kepala Disnakan OKU Ir Hj Tri Aprianingsih.

Dikatakan Tri, bibit ikan yang disebar ini merupakan ikan khas asli Ogan, yang terdiri dari Ikan Jelawat sebanyak 17.200 ekor dan Ikan Baung 17.800 ekor. Ribuan bibit ikan ini didatangkan dari balai pembibitan ikan Lampung, “Untuk ikan Jelawat berasal dari APBD OKU tahun 2018, sedangkan untuk ikan Baung merupakan bantuan dari beberapa BUMN dan BUMD di OKU,” sebutnya.

Menurut Tri, pihaknya sengaja menyebar jenis ikan Jelawat, karena ikan ini merupakan ikan khas asli Ogan, di samping itu populasi ikan jenis ini sudah mulai langka di Sungai Ogan.

“Di samping memang kandungan gizi ikan Jelawat sangat bagus serta rasanya memang nikmat untuk dikonsumsi,” imbuhnya.

Dituturkan Tri, selain di Desa Pusar, ribuan bibit ikan ini juga akan disebar di beberapa kecamatan lainnya. “Selain di sungai, ikan-ikan ini juga akan kita sebar di perairan umum daratan (PUD) di OKU,” tukasnya.

Sementara itu Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar, SH, MM, dalam sambutannya mengajak masyarakat kabupaten OKU untuk menjaga kelestarian Sungai Ogan, selain itu pria yang akrab disapa JA ini juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kosumsi ikan.

“Gizi ikan ini sangat tinggi dan sangat baik apa lagi untuk masa pertumbuhan, saya jadi wabup ini karena banyak makan ikan,” selorohnya. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.