Diresmikan Harnojoyo, Lawang Borotan Destinasi Wisata Sejarah di Palembang

Walikota Palembang, H Harnojoyo melakukan pemukulan gong sebagai tanda Lawang Borotan resmi menjadi destinasi wisata bersejarah di Kota Palembang, Jumat (27/9/2019).

Palembang, Sumselupdate.com – Lawang Borotan (Lawang Buratan) resmi menjadi destinasi wisata bersejarah di Kota Palembang.

Lawang Borotan ini merupakan bagian dari bangunan Benteng Kuto Besak (BKB) yang dibangun tahun 1780 pada masa Sultan Mahmud Badaruddin I.

Bacaan Lainnya

Peresmian Lawang Borotan sebagai destinasi wisata bersejarah diresmikan Walikota Palembang, H Harnojoyo dengan cara pemukulan gong, Jumat (27/9/2019) sore.

Dalam sambutannya, Walikota Palembang Harnojoyo menyampaikan Lawang Borotan ini merupakan sejarah dari peninggalan kesultanan Palembang yang perlu dihargai oleh masyarakat sehingga perlu dirawat.

“Ini patut kita hargai, patut kita banggakan, kita bersihkan, serta perlu dipublikasikan agar dapat menjadi salah satu destinasi pariwisata di Kota Palembang serta sekaligus menjadi salah satu bukti bahwa kesultanan Palembang dahulu memang pernah ada,” ulasnya usai meresmikan lawang borotan di BKB yang dihadiri beberapa sejarawan dan keturunan keraton kesultanan Palembang.

Berfoto bersama usai peresmian Lawang Borotan sebagai destinasi wisata bersejarah di Kota Palembang, Jumat (27/9/2019).

 

Ia menambahkan, ke depan jika memungkinkan pihaknya akan mencoba merelokasikan Lawang Borotan ini karena lawang ini merupakan aset sejarah yang ada di Kota Palembang yang harus dijaga.

“Akan kita coba relokasikan, kita bicarakan, karena ini aset sejarah. Harus dijaga dan harus kita lestarikan, tidak hanya BKB, pasar 16 serta kantor Walikota ialah aset sejarah yang nanti akan dijadikan destinasi pariwisata, bahkan ini sudah masuk sebagai cagar budaya nasional,” katanya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang mengatakan, Lawang Borotan ini merupakan langkah awal dari Pemkot Palembang melalui Dinas Pariwisata untuk mewujudkan BKB sebagai tempat destinasi wisata di Kota Palembang.

“Ini semua akan terwujud jika semua pihak dapat menerima seperti lawang borotan ini, kerjasama antara Pemkot Palembang dengan pihak asrama TNI, jika ini bisa menjadi destinasi wisata tentu yang diuntungkan adalah masyarakat sekitar, kan masyarakat bisa jualan suvenir, jualan kuliner, yang mengelola ini nanti mereka, bukan orang lain,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui Lawang Borotan merupakan  peninggalan kesultanan Palembang yang memerintah dari tahun 1550 sampai 1823.

Lawang Borotan merupakan gerbang yang berada di sebelah barat BKB yang berfungsi sebagai keluar masuknya Sultan Mahmud Badaruddin II jika menuju kekediaman Adipati tua di Muara Sungai Sekanak. (syd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.