Cuaca Ekstrem, 6 Kecamatan ini Rawan Banjir

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda

Palembang, Sumselupdate.com – Selain cuaca ekstrem, Pemerintah Kota Palembang dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) telah memetakan ada 200 titik sumbatan aliran air yang menyebabkan hampir seluruh wilayah Kota Palembang kebanjiran 25 Desember lalu.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda saat rapat koordinasi dengan BBWS VIII, BMKG Sumsel dan instansi terkait, Senin (27/12/2021).

Read More

“Dari BBWS diketahui ada 200 titik sumbatan tersebar di seluruh Palembang, mulai dari mendirikan bangunan di atas aliran air, sungai mengecil bahkan hilang. Harus dipetakan lagi untuk mengatasi banjir jangka pendek dan panjang,” kata Fitrianti.

Fitrianti mengatakan, Dinas PUPR harus siapa pompa portabel terutama di 200 titik aliran tersumbat itu. Selain itu camat dan lurah harus siaga di wilayah masing-masing.

“Ini wilayah rawan banjir di Palembang, Kecamatan Sako, Kemuning, Ilir Timur 1, Ilir Timur 2, Ilir Timur 3 dan wilayah Ulu ada Kertapati. Kita sudah petakan daerah yang akan jadi pusat perhatian selama musim penghujan ini,” katanya.

Sementara ini ada 8 pompa permanen di Kota Palembang. Fitri mengatakan ini sudah mencukupi jika saat hujan deras Sungai Musi tidak sedang pasang. Untuk pompa portabel pihak Balai Sungai sudah mempersiapkan.

“Salah satu penyebab banjir kemarin (25 Desember) itu Sungai Musi pasang sehingga air tidak bisa masuk ke Sungai Musi. Sehingga pompa portabel sangat dibutuhkan,” katanya.

Persoalan banjir tidak hanya dari aliran air yang beralih fungsi, minimnya pompa, tapi juga Fitrianti mengakui jika untuk mengatasi jangka panjang perlu penambahan kolam retensi.

“Kolam retensi masih diharapkan, optimalisasi pompa dan jangka panjang kolam retensi harus lebih banyak,” katanya.

Terutama BMKG memprediksi jika mulai 30 Desember 2021 sampai 1-2 Januari 2022 atau 7 hari ke depan BMKG diprediksi cuaca ekstrem. “Sungai pasang, 200 titik aliran air tersumbat bahkan hilang ini jangka panjangnya harus diperhatikan,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.