Cegah Karhutlah, Polri Luncurkan Aplikasi ‘Lancang Kuning’

Senin, 9 Maret 2020
Video conference peluncuran aplikasi Lancang Kuning di Pekanbaru.

Palembang, Sumselupdate.com – Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH, dan para Pejabat Utama Polda Sumsel menyaksikan peluncuran Aplikasi Lancang Kuning Nusantara di Pekanbaru oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto melalui saluran video live di gedung Command Centre Mapolda Sumsel, Senin (9/3/2020).

Dalam peluncuran aplikasi ini Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz berdialog langsung melalui sambungan telpon dengan jajaran kepolisian 11 daerah yang rawan Karhutla.

Bacaan Lainnya

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH, mengatakan ada aplikasi baru untuk penanggulangan dan penanganan Karhutla di Indonesia. Aplikasinya adalah aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang dilaunching langsung oleh bapak Kapolri dan Panglima TNI di Riau hari ini.

“Aplikasi ini berisi data, baik data personel, data lahan gambut, data embung, data angin, data cuaca semua yang berkaitan dengan Karhutla ada di aplikasi Lancang Kuning Nusantara ini,” ujar Rudi Setiawan usai menyaksikan peluncuran aplikasi Lancang Kuning Nusantara Senin (9/3).

Data inilah, kata Rudi, yang akan diolah Posko Karhutla gunanya untuk mempermudah dan mempercepat dalam upaya penanggulangan Karhutla.

“Sumsel yang berpotensi terjadinya Karhutla. Sebagai upaya antisipasi pencegahan Karhutla kami sudah menyiapkan beberapa Posko yang kami dirikan dan tentunya akan di koordinasikan dengan gubernur selaku kepala daerah,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Rudi, Posko Karhutla di Sumsel yang akan didirikan adalah di kantor gubernur, di Korem 044 Garuda Dempo, di Polda Sumsel, BNPB Sumsel. Dan yang terbaru pihaknya akan merekrut relawan penanggulangan bencana Karhutla di Sumsel.

“Karena diketahui pada tahun 2019 lalu, banyak masyarakat yang berunjuk rasa menuntut percepatan penanganan Karhutla di Sumsel. Untuk itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa bergabung menjadi relawan Karhutla, bahu-membahu dalam menanggulangi Karhutla di Provinsi Sumsel yang kita cintai ini,” harapnya.

Masyarakat juga, kata Rudi, bisa mendownload aplikasi Lancang Kuning Nusantara tentunya dengan fitur-fitur yang terbatas.

“Silakan download aplikasi Lancang Kuning Nusantara ini di handphone Android yang kita miliki,” tandasnya. (rel)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.