Cegah DBD, Puskesmas Kutaraya Lakukan Fogging dan Edukasi ke Masyarakat

Muherli SKM.

Laporan: Syakbanudin

Kayuagung, Sumselupdate.com- Seperti biasanya jika musim hujan tiba maka akan rawan dengan penyakit demam berdarah (DBD). Untuk mengantisipasi hal tersebut, Puskesmas Kutaraya di bawah pimpinan Muherli SKM telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengantisipasinya. Diantara yang dilakukannya adalah dengan melakukan fogging dan memberikan edukasi ke masyarakat yang ada.

Bacaan Lainnya

“Dalam setiap kegiatan kami telah merencanakan semua dan mengevaluasi keadaan wilayah kerja Puskesmas Kutaraya, termasuk mengantisipasi terjadinya penyakit DBD ini,”ujar Muherli saat berbincang dengan Sumselupdate.com, di ruang kerjanya, Rabu (28/9/2022).

Dijelaskannya, dalam edukasi tersebut, lanjutnya, masyarakat diberikan penjelasan tentang bahaya penyakit DBD, termasuk cara mencegahnya, seperti membersihkan lingkungan, menguras bak mandi dan mengubur barang-barang bekas yang ada di halaman rumah ataupun dibelakang rumah.

“Kami pun terus melakukan aksi nyata dengan mendata wilayah kerja Puskesmas disertai dengan pembagian bubuk abate. Sebab dalam bak mandi biasanya nyamuk DBD ini senang dengan air yang bersih dan jernih. Dan fogging yang memang selalu ditunggu oleh masyarakat banyak sebagai upaya untuk mencegah dan membasmi dari nyamuk aedes aegypti ini,” paparnya.

Muherli mengungkapkan jika pihaknya juga mendapatkan banyak permintaan dari masyarakat baik dari sekolah maupun lainnya untuk melakukan fogging sebagai akibat dari kegelisahan penyakit tersebut.

“Oleh sebab itu, kami pun mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu menjaga kebersihan lingkungan kita dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga kita selalu terjaga dari penyakit apapun. Dan jika memang terdapat gejala penyakit DBD segera periksakan ke Puskesmas atau ke petugas tenaga kesehatan kita yang ada di wilayah kita,” tukasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.