BIN Tanggapi Isu Pokemon Go Proyek Intelijen Asing

Game 'Pokemon Go'

Jakarta, sumselupdate.com – Masyarakat dunia, termasuk Indonesia, kini sedang heboh dengan game ‘Pokemon Go’ yang bisa dimainkan via smartphone. Di ibukota Jakarta, permainan itu menjamur di tempat kerja Gubernur DKI, di Balai Kota Jakarta, bahkan sampai masuk ke ranah istana.

Di tengah maraknya game tersebut, beredar pesan berantai yang  menyebut bahwa permainan itu dibuat untuk mengumpulkan informasi, berupa lokasi melalui gambar atau video yang menjadi latar belakang di dalam permainan itu. Bahkan, disebut-sebut permainan itu sebagai bagian dari proyek intelijen asing.

Bacaan Lainnya

Terkait isu tersebut, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Sutiyoso, tidak melarang masyarakat untuk memainkan permainan itu.

“Silakan saja yang menyukai game ini untuk bermain, dengan tetap memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain,” ujar Sutiyoso seperti dilansir Liputan6.com, Jumat (15/7).

Meski demikian, ia meminta agar game tersebut tidak dimainkan di lokasi yang bersifat rahasia dan lokasi strategis pemerintah.

“Namun karena dalam game tersebut terdapat penggunaan kamera secara real time, maka muncul risiko keamanan jika dimainkan di kantor dan instalasi strategis,” jelasnya.

Karena itu, lanjut dia, pihaknya akan mengkaji lebih dalam apakah permainan tersebut  dianggap aman untuk dimainkan atau tidak. Khususnya dalam menjaga keamanan informasi ataupun situasi tempat di Indonesia.

“Nanti kita lihat lagi perkembangannya. Saya tidak akan berkomentar terlalu jauh tentang game ini,” pungkas Sutiyoso. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.