Babinsa Koramil 404-01/Gelumbang Dampingi Pemberian Vaksin PMK

Pemberian vaksin terhadap hewan ternak sapi dalam mencegah penyakit PMK, di Desa Karang Endah, Minggu (24/7/2022).

Laporan Syahrial Hadi

Muaraenim, Sumselupdate.com — Babinsa Koramil 404-01/Gelumbang Kodim 0404/Muaraenim, Sertu Nuryanto, melaksanakan pendampingan kepada Dinas Peternakan untuk memberikan vaksin terhadap hewan ternak sapi dalam mencegah penyakit PMK, di Desa Karang Endah, Minggu (24/7/2022).

Read More

Demi mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, Dinas Peternakan Kabupaten Muaraenim didampingi Babinsa Koramil 404-01/Gelumbang, Bhabinkamtibmas Polsek Gelumbang dan Pemerintah Desa Karang Endah, memberikan vaksin pada setiap hewan sapi milik peternak.

Sertu Nuryanto mengatakan, Koramil 404-01/Gelumbang Kodim 0404/Muaraenim, selalu siap mendampingi kegiatan vaksinasi kepada hewan ternak, guna mencegah virus PMK ini.

Pihaknya juga meminta dukungan masyarakat agar segera melapor kepada petugas peternakan bila hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK, seperti, mulut keluar lendir atau busa, lepuh di bawah hidung, dan luka pada bagian kuku.

Pemberian vaksin terhadap hewan ternak sapi dalam mencegah penyakit PMK, di Desa Karang Endah, Minggu (24/7/2022).

Dirinya menambahkan, petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan, tadi juga menyampaikan kepada masyarakat yang memiliki ternak khususnya sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan, dan juga dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit.

“Nah, jadi kepada para pengelola peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan,” ujarnya.

Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit.

“Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya, dapat ditangani dengan cepat karenanya agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, bila ada yang diduga terjangkit PMK,” imbau Sertu Nuryanto.(**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.