Angkutan Batubara Intens Melintas, Jalan Provinsi di Kabupaten PALI Rusak Parah

Rabu, 9 Mei 2018
Kondisi jalan lintas provinsi antara PALI-Muba atau tepatnya di Simpang Belimbing hingga Desa Dewa Sebane, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, rusak parah.

PALI, Sumselupdate.com – Kondisi jalan lintas provinsi antara PALI-Muba atau tepatnya di Simpang Belimbing hingga Desa Dewa Sebane, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, sangat memprihatinkan.

Selain banyaknya lubang di ruas jalan itu, juga bertebaran debu-debu yang amat mengganggu konsentrasi para pengendara.

Bacaan Lainnya

Rusaknya jalan tersebut, dituding warga akibat intensnya armada batubara milik PT Energate Prima Indonesia (EPI) yang melintas dengan beban belasan ton dan berjumlah ratusan unit truk per hari.

Konvoi pengangkut mutiara hitam itu, berasal dari tambang batubara di Lahat hendak menuju stock field di pesisir Sungai Musi kawasan Prambatan, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI.

“Wajarlah jalan ini jadi rusak parah seperti ini. Truk batubara setiap hari konvoi melintas dengan jumlah ratusan. Akibatnya selain debu yang mengganggu pengendara, goncangan jalan berlubang, diibaratkan lok ditimang kajut tiri,” ujar Man (45), salah satu pengendara yang tengah melintas, Rabu (9/5/2018).

Pria yang hendak menuju Kota Pendopo, Kecamatan Talang Ubi menyesalkan pihak terkait yang seolah diam bergeming, menyaksikan bertahun-tahun masyarakat terhambat aktivitasnya, akibat jalan yang rusak disebabkan aktivitas industri swasta.

“Awalnya pihak perusahaan menggunakan jalan tersebut hanya untuk ujicoba, namun kenyataannya yang terjadi tidak demikian. Alhasil sudah beberapa tahun jalan provinsi ini setiap harinya dipadati oleh ratusan truck angkutan Batubata. Sehingga hampir sepanjang ruas jalan mengalami rusak parah,” sesalnya.

Terpisah, Bambang Krisna, SH, Humas PT EPI dikonfirmasi terkait tudingan warga dan izin lintas ujicoba, engan berkomentar.

Menurutnya yang berhak menjawab semua itu adalah orang Head Office (kantor pusat –red) yang ada di Jakarta.

“Maaf Pak, kalau untuk izin lintas uji coba kita tidak bisa menjawab, karena itu bukan wewenang saya, yang bisa memberikan penjelasan adalah Head Office yang kantornya di Jakarta. Tapi kalau soal jalan berlubang, setiap ada laporan dari supir pasti kita perbaiki. Begitu juga soal jalan berdebu akan kita kirim mobil tanki,” katanya. (adj)

 

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.