Anggota DPR: Kita Belum Punya Road Map Ketahanan Pangan Memadai

Ibnu Multazam

Jakarta, sumselupdate. com – Anggota DPR Nevi Zuairina mengatakan, setiap menjelang Ramadhan harga beberapa kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Pemandangan seperti itu sudah rutin dari tahun ke tahun. Harga minyak goreng, ayam, beras di berapa daerah sudah melaporkan kenaikan harga.

Read More

Kondisi ini jelas meresahkan masyarakat. Karena masyarakat paling banyak menggunakan uang untuk beli kebutuhan pangan.

“Seharusnya pemerintah bisa mengantisipasi agar harga sembako bisa stabil. Kami sudah minta ke pemerintah agar 6 bulan sebelum Ramadhan sudah siap stok pangan untuk mencegah lonjakan harga,” ujar Nevi di Media Center DPR Jakarta, Kamis (31/3/2020).

Menurut Nevi, kenaikan bahan pangan saat Ramadhan dan Idul Fitri, seminggu menjelang ramadhan terjadi permintaan pangan cukup tinggi.

Anggota DPR Ibnu Multazam menjelaskan, kenaikan harga pada musim Ramadhan terjadi berulang-ulang, karena kita belum punya Road Map tentang kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara memadai.

Road Mape itu bisa jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. “Selama ini sikap kita hanyalah reaksi, reaktif terhadap fluktuasi harga pangan seperti kasus minyak goreng langka. Untuk menemukan jalan keluar belum jelas disampaikan pemerintah,” kata Politisi PKB tersebut. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.